Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Di SMA Negeri 9 Manado

Y Taher(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilator belakangi suatu fenomena pada siswa kelas XII SMA Negeri 9 Manado yang mengalami kecemasan dalam menghadapi UNBK. Pihak sekolah sudah memberikan bimbingan belajar, tetapi masih ada kendala seperti halnya (1) komputer yang tersedia tidak mencukupi, (2) penguasaan computer dan sebagainya membuat siswa merasa ragu, tidak percaya diri dalam mengikuti UNBK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh cones diri terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi UNBK. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Anggota sampel sejumlah 176 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data digunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier derhana diperoleh persamaan regresi =94,18+ -0,439 X. Hal ini menunjukkan bahwa konsep diri positif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecemasan menghadapi ujian, artinya apabila terjadi peningkatan pada variabel konsep diripositif, maka dengan sendirinya variabel kecemasan dalam menghadapi ujiannasional berbasis komputer (UNBK) turut menurun pula. Perbandingan penurunan kedua variabel secara kuantitatif adalah 1: -0,439 atau 100: - 43. Perbandingkan ini menunjukkan bahwa apabila terjadi peningkatan sebesar satu kali/unit atau 100 kali/ unit pada variabel konsep diri positif, maka akan terjadi penurunan sebesar - 0,43 atau 43/unit pada variabel kecemasan dalam menghadapi UNBK.Hasil analisis data mendukung hipotesis alternatif yang diajukan sehingga dapat diterima.

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 120 times
PDF Download : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.