PKM SOPIR GOJEK ONLINE MANADO

Fivy Aprylianne Andries

Abstract


Sebagai kota terbesar di wilayah ini, Manado merupakan tempat pariwisata yang penting bagi pengunjung. Ekowisata merupakan atraksi terbesar Manado. Selain memiliki objek-objek wisata yang menarik, salah satu keunggulan pariwisata kota Manado adalah letaknya yang strategis ke objek-objek wisata di hinterland, khususnya di Minahasa yang dapat dijangkau dalam waktu 1 s/d 3 jam dari kota Manado. Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah. Kota Manado memiliki berbagai potensi pariwisata diantaranya objek wisata alam dan objek wisata budaya serta beragam atraksi. Wisatawan asing yang berkunjung ke Manado adalah tamu yang harus dilayani dengan baik. Untuk itu masyarakat harus dapat berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris dengan para wisatawan, agar wisatawan merasa senang di Manado. Namun masih sopir Gojek Online , yang tidak dapat mampu bahasa Inggris, padahal mereka yang bersentuhan langsung dengan para wisatawan asing, yang mereka lakukan ketika melayani dengan wisman hanya menggunakan bahasa tubuh atau menggunakan penerjemah. Untuk itu perlu diadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, baik dari: Speaking, listening, reading, writing dan vocabulary bagi sopir Gojek Online agar dapat mereka melayani dengan jasa kendaraan mereka serta memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata Kota Manado beserta industri pendukungnya, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Metode ceramah, Metode Diskusi dan Simulasi dan Metode pendampingan Kegiatan pelatihan bagi sopir Gojek Online akan dilaksanakan selama 3 bulan,.. Materi Bahasa Inggris yang berikan: berbagai conversation, vocabulary, reading text, alat tulis dan buku. Materi yang diberikan meliputi: Introduction, Greeting, Dealing with numbers (addres, time, date), Giving direction, Asking for information, Cross culture understanding

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36412/edupreneur.v2i2.993

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/edupreneur.v2i2.993.g934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.