PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHANDI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) UNIVERSITAS NEGERI MANADO (UNIMA)

Patricia Mardiana Silangen

Abstract


Pelaksanaan  Program Pengembangan Kewirausahaan   di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Manado (Unima) bertujuan untuk menumbuh-kembangkan budaya kewirausahaan bagi mahasiswa dalam rangka menciptakan wirausaha mandiri yang berbasis Ipteks. Metode pendekatan dalam  pelaksanaan program PPK ini menggunakan model 3E yang mengadopsi Learning Cycle 5E dengan tahapan (1) fase Engage (merasa tertarik untuk menjadi wirausaha) (2) fase Exploration (Eksplorasi dalam berwirausaha-meningkatkan kapasitas sebagai wirausaha), dan (3) fase Establishment (Pelembagaan menjadi wirausaha-menghasilkan wirausaha baru mandiri yang berbasis Ipteks). Target capaian  yang rencananya akan diperoleh dari kegiatan PPK  FMIPA Unima ini yaitu untuk menghasilkan lahirnya 20 orang mahasiswa FMIPA Unima sebagai wirausaha baru yang dapat menjalankan bisnisnya di berbagai bidang yang berbasis Ipteks. (2) Terwujudnya sistem entrepreneurship bagi mahasiswa FMIPA Unima melalui program PPK ini yang menjalin relasi dengan Unima Humber entrepreneurship centre (UHEC) di bawah payung Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Unima.

 

Kata Kunci : Kewirausahaan, Ipteks, Model 3-E, Tenan

Full Text:

PDF

References


Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Scotter, P. V., Powell, J. C.,

Westbrook, A., & Landes, N. 2006. The BSCS 5E instructional model: Origins and effectivenessDrucker, P.1996. Inovasi dan Kewirausahaan Praktek dan Dasar-dasar. Jakarta: Erlangga.

Glazov, S. N. 2007. What Color is Your

Brain: A Fun and Fascinating Approach to Understanding Yourself And Others.Thorofare: Slack Inc.

Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. 2010. Entrepreneurship. McGraw-Hill.

Hisrich, R. D. & Peters, M. P. 1995. Entrepreneurship. Starting. Developing. and Managing A New Entreprise. New York: .

Kotler, P. 2000. Marketing Management, Millenium Edition. Tenth Edition. Prentice-Hall.

Kuwayama, Y. 1973. Trade Marks and Symbols. New York: Van Nostrand Reinhold Inc. .

Odiorne, G. S. 1984. Strategic management

of human resources. Jossey-Bass.

Robbins, S. P. & Coulter, M. 2002. Management (activebook). 7th ed. Prentice Hall.

Susanto, A. B. 2007.Corporate Social Responsibility. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.

Weston, J. F., dkk. 1995. Manajemen Keuangan. Edisi 9, Jilid 1. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

World Intellectual Property Organisation (WIPO). 2008. Membuat Sebuah Merek, Pengantar Merek Untuk Usaha Kecil dan Menengah. Terjemahan KADIN Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.36412/edupreneur.v1i4.828

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/edupreneur.v1i4.828.g751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.