PKM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU FISIKA SMA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMBUATAN ALAT PRAKTIKUM

Marianus Marianus

Abstract


Pendidikan merupakan kunci untuk semua kemajuan dan perkembangan yang berkualitas, sebab dengan pendidikan manusia dapat mewujudkan semua potensi dirinya baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat.PKM peningkatan kompetensi guru fisika SMA dalam mengembangkan kemampuan pembuatan alat praktikum merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan, terutama peningkatan kualitas pembelajaran fisika di SMA.Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah Meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik,Meningkatkan kemampuan guru menyusun bahan ajar berbasis labdan Meningkatkan kemampuan guru merancang peralatan laboratorium. Hasil kegiatan pengabdian ini telah dibuat peralatan lab sederhana venturimeter tanpa manometer dan venturimeter dengan manometer. Juga dibuat alat demonstrasi hokum kekekalan momentum dan alat demonstrasi tumbukan dan momentum. hasil pre tes untuk melihat pengetahuan kognitif para guru tentang materi terkait peralatan lab.yang dibuat masih rendah namun setelah diberi pendampingan dan pelatihan kemampuan kognitifnya meningkat. Hasil uji keberfungsian alat menunjukkan bahwa alat yang dibuat ini layak digunakan dalam pembelajaran fisika di SMA.

 

Kata kunci: Peralatan Laboratorium, Kompetensi Guru Fisika


Full Text:

PDF

References


Arief SSadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aufa, Ahmad. (2016). Pengaruh Rasio Diameter Pipa Terhadap PerubahanTekanan Pada Bernoulli Theorem Apparatus.Jurnal Prodi TeknikMesinUniversitas PGRI Banyuwangi,1 (1), 7-11.

AlfiyahSifa. (2016). Pengembangan Set Praktikum Fluida Dinamis Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) KelasXI.Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 47.

Azhar. (2011). Karakteristik Fisika dan Realita Pendidikan Fisika Nasional. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol. 8, No.2

http://digilib.unimed.ac.id. Diakses pada tanggal 30 Januari 2018

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. E-Jurnal IAIN Lhokseumawe. Vol. 8, No. 2

http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id. Diakses pada tanggal 28 Februari 2018

Kanginan, M. (2006). Fisika untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Penerbit Erlangga

Preliana, E. (2015). Pengembangan Alat Peraga Sains Fisika Berbasis Lingkungan Untuk Materi Listrik Statis pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Pleret. JRKPF UAD, Vol. 2 No. 1

http://journal.uad.ac.id. Diakses pada tanggal 21 Februari 2018

Septiadi, Nata W.(2008). Studi eksperimental

Orifice Flow Meter DenganVariasiTebal Dan Posisi Pengukuran Beda Tekanan Melintas Orrifice Plate.Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Cakram, 2(1), 61-68.




DOI: https://doi.org/10.36412/edupreneur.v4i2.3027

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/edupreneur.v4i2.3027.g1558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.