ANALISIS DAN PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Arje Cerullo Djamen

Abstract


Keamanan jaringan menjadi semakin penting dengan semakin banyaknya waktu yang dihabiskan orang untuk berhubungan melalui jaringan komputer. Perkembangan Internet dan jaringan internal yang semakin pesat menuntut adanya pengamanan terhadap jaringan internal dari kemungkinan adanya serangan dari jaringan eksternal maupun dari jaringan internal itu sendiri. Universitas Negeri Manado (UNIMA) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Sulawesi Utara dan sudah sejak tahun 2009 UNIMA melakukan implementasi dan adaptasi teknologi informasi dan komunikasi. Masalah-masalah terkait isu keamanan jaringan seperti aktivitas hacker, serangan virus, denial of service attack (DoS), spyware, malware serta serangan–serangan lainnya yang bisa mengancam keamanan jaringan dapat terjadi kapan saja jika tidak dilakukan pengelolaan dan pengawasan yang baik serta pengelolaan yang kurang optimal karena keterbatasan tenaga ahli bidang infrastruktur dan keamanan jaringan. Untuk mengatasi dan mencegah masalah keamanan jaringan tersebut perlu dilakukan analisis infrastruktur jaringan dan merancang infrastruktur yang sesuai dengan kebutuhan saat ini dan yang akan datang, dengan menggunkan Access/Distribution/Core Architectural Model [3], sebagai dasar pengembangan penelitian yang akan dilakukan. Adapun hasil penelitian berupa perancangan infrastruktur keamanan jaringan jangka pendek dan jangka panjang.

 

Kata Kunci—Access, Distribution, Core Architectural Model.


Full Text:

PDF

References


Aswandi. (2009). Infrastruktur Jaringan Komunikasi Antar Perusahaan Menggunakan Analisa Top-Down Model Untuk Mendukung Data Center. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 171-181.

[2]Hizbullah, A. (2012). Optimalisasi Bandwiidth dan Keamanan Jaringan dengan Filterisasi pada Warung Internet menggunakan Mikrotik Routerboard. Jurnal Komputasi, 103-116.

McCabe, J. D. (2007). Network Analysis, Architecture, and Design. Amsterdam, Boston, Tokyo, Heidelberg, London, Neew York, Oxford, Sidney: Morgan Kaufmann Publishers is an imprint of Elsevier.

Nangoi, F. Y. (2011). Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi dengan Framework Cobit pada Infrastruktur dan Keamanan Jaringan di Universitas X. Master Thesis of Magister Management Technology, 2-5.

Rochman, E. F. (2009). Analisa Traffic Jaringan dan Desain Jaringan untuk Optimalisasi Bandwith Internet pada Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Matematika dan Komputer Indonesia, 25-32.

Sembiring, I., Widiasari, I. R., & Prasetyo, S. D. (2009). Analisa dan Implementasi Sistem Keamanan Jaringan Komputer. Jurnal Informatika, 1-15.

Suyatno, A. (2009). Aplikasi Model Sistem Keamanan Jaringan Berbasis De-Militarised Zone. Jurnal Informatika Mulawarman, 6-12.

Wibowo, A. (2008). Perancangan Sistem Keamanan Komputer Berbasis Jaringan Waktu Nyata. Jurnal Artificial, ICT Research Center UNAS, 36-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.