PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI SISWA KELAS X SMK N 3 MANADO

Rudy H. W. Pardanus

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media E-Learning menggunakan Edmodo yang menarik, efisien dan efektif pada mata pelajaran sistem operasi untuk siswa kelas X TKJ di SMKN 3 Manado. Model pengembangan yang digunakan dikembangkan oleh S. Thiagarajan et,al., yang sering dikenal dengan model Four-D, namun penelitian ini hanya menggunakan (define, design, dan develop). Uji coba produk dilakukan dua kali (terbatas dan luas).Desain uji coba yang digunakan adalah desain eksperimen before-after.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, angket, dan tes.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah deskriptif kuatitatif.Hal tersebut meliputi analisis uji kemenarikan, efisiensi dan efektifitas media E-Learning menggunakan Edmodo.Uji kemenarikan media diukur dengan menggunakan angket respon siswa.Uji efisiensi media diperoleh melalui wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran sistem operasi dan siswa kelas X TKJ 1 di SMKN 3 Manado.Sedangkan uji efektifitas media diperoleh dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan media E-Learning menggunakan Edmodo. Kemudian diuji dengan rumus paired sample t test. Setelah media diujicobakan pada subjek uji coba (terbatas dan luas), dan hasilnya menunjukkan bahwa media E-Learning menggunakan Edmodo merupakan media yang menarik, efisien dan efektif. Hal tersebut ditunjukkan pada rata-rata skor respon siswa sebesar 88,15% dengan intepretasi sangat menarik. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 76,33 menjadi 82,93. Hasil uji beda (paired sample t-test) nilai thitung = 11.217 ≥ ttabel = 2,045 dengan nilai signifikansi = 0,000 < α = 0,050 yang menunjukkan media E-Learning menggunakan Edmodo efektif.

Kata Kunci— E-learning, media pembelajaran, edmodo


Full Text:

PDF

References


Azhar, Arsyad. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman.Deni.Dkk.2011.Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Mengembangkan Profesionalitas Guru).Jakarta:PT.Rajagrafindo Persada

Sudjana,N,A.Rivai.2005. Media Pengajaran:Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supardi. 2013. Sekolah Efektif (Konsep Dasar dan Praktiknya). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Suwarna, dkk. 2006. Pengajaran Mikro, Pendekatan Praktis Menyiapkan PendidikanProfesional. Yogyakarta; Tiara Wacana

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974.Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.