Analisa Packet Loss Transmission Control Protocol (TCP) RENO pada Jaringan Intranet Menggunakan NS2 (Network Simulator)

Olivia Kembuan

Abstract


TCP dikenal sebagai protocol pada lapisan transport yang paling berguna. Protokol ini menjamin keamanan dan layanan yang bersifat koneksi dalam jaringan computer. Kongesti pada jaringan merupakan salah satu factor yang mengurangi efisisensi dari kinerja TCP, ketika terdapat bermacam-macam traffic pada jaringan. Beberapa input parameter seperti : jumlah user, kapasitas jaringan, ukuran paket yang dikirimkan, dan lain sebagainya, merupakan parameter yang digunakan untuk mengontrol kongesti yang terjadi. Ketika bandwidth jaringan meningkat, perhatian difokuskan pada mekanisme control kongesti dengan cara control manajemen pada TCP. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisa paket loss pada TCP Reno dan perbandingannya dengan TCP sebelumnya yaitu TCP Tahoe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TCP Reno memiliki drop rate yang lebih kecil dibandingkan dengan TCP Tahoe karena menggunakan algoritma fas recovery.

Kata Kunci— TCP, kontrol kongesti, Random Early Detection


Full Text:

PDF

References


V. Jacobson, 1988, Congestion avoidance and control, ACM Computer Communication Review, 18(4):314-329

V. Jacobson, 1990, Modified TCP congestion avoidance algorithm, ftp://ftp.isi.edu/end2end/end2end-interest-1990.mail. Diakses tanggal 12 Oktober 2009.

Brakmo, Lawrence S & Peterson, Larry L., 1995, TCP Vegas : End to end Congestion Avoidance on a Global Internet, IEEE Journal on Selected Areas in Communications, 13(8):1465-1480, Diakses tanggal 12 Oktober 2009.

Stallings, William, 1998, High Speed Networks:TCP/IP and ATM Design Principles, Prentice Hall.

Santosa, Budi, 2002, Manajemen Bandwidth Internet dan Intranet, Diakses tanggal 12 Oktober 2009.

Labrador, Miguel A. & Banerjee, Sujata, Packet Dropping Policies for ATM and IP Networks, IEEE Communications Surveys, The Electronic Magazine of Original Peer-Reviewed Survey Articles, University of Pittsburgh, 1999

Floyd, Sally & Jacobson Van, 1993, Random Early Detection Gateways for Congestion Avoidance, IEE/ACM Transaction on Networking, 1(4):397-413


Refbacks

  • There are currently no refbacks.