PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM UJIAN ONLINE BERBASIS WEB DI SMP NEGERI 1 MOTOLING

Daniel R. Kaparang, Alfrina Mewengkang, Indra David Pesik

Abstract


Intisari - Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem ujian online yang dapat membantu pihak sekolah dalam mengatasi masalah yang terjadi pada pro ses ujian, seperti proses ujian yang masih manual dengan menggunakan kertas dan alat tulis sebagai media untuk menjawab soal ujian sehingga memakan biaya da n waktu dalam proses pelaksanaannya, beresiko terjadinya kecurangan ataupun kebocoran soal saat ujian, siswa tidak langsung mengetahui hasil ujian dikarenakan lamanya waktu evaluasi hasil ujian, pengarsipan hasil ujian ma nual memakan banyak tempat karena jenis filenya adalah hardcopy. Sistem ini dirancang menggunakan model MVC (Model, View, Controller) dengan konsep OOP (Object Oriented Programming). Metodologi yang digunakan yaitu metodologi RAD (Rapid Application Development). Bahasa pemrograman yang dipakai yaitu PHP dengan menggunakan framework codeigniter dengan implementasi model MVC. Dengan adanya sistem ini diharapkan da pat membantu para siswa dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer serta dapat membantu para guru dalam masalah biaya dan waktu.

Kata kunci: MVC, RAD, PHP, OOP, ujian online.


Full Text:

PDF

References


Agus Hariyanto. 2017. Membuat Aplikasi Computer Based Test dengan PHP MySQLi & Bootstrap. Yogyakarta : Loko Media.

Cahyaningtyas Rosita, Iriyani Siska. 2015.

Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Smp Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, Volume 4 No 2.

Farid dkk. 2014. Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Calon Tenaga Kerja Secara Online Berbasis Web pada Bursa Kerja Khusus SMK

Ganesha Tama Boyolali. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol. 5 No. 2, Agustus : Surakarta.

Hidayatullah, P., & Jauhari, K. 2017. Pemrograman Web. Edisi Revisi. Bandung : Informatika Bandung.

Mustaqbal M., Sidi dkk. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan Snmptn). Jurnal Ilmiah Vol. 1 No 3. Agustus : Bandung.

Priyanti, D., Iriani. 2013. Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, Vol 2 No4.

Raharjo, B. 2015. Belajar Otodidak Framework Codeigniter. Bandung : IF Informatika.

Wahyono Teguh. 2004. Sistem Informasi Konsep Dasar, Analisis Desain, dan Implementasi. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Yuhefizar, M., Hidayat, R. 2006. Cara Mudah Membangun Website Interaktif menggunakan Content Managemen System Joomla. Jakarta : Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.