PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI IPA di SMA NEGERI 1 LANGOWAN

Revangga Sumual, Herry. Sumual, Ch. Manopo

Abstract


Abstrak - Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado di Tondano, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model PBL lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Konvensional pada mata pelajaran TIK di SMA N 1 Langowan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Langowan yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 140 yang terdaftar pada semester genap T.A. 2013/2014. Sampel ini menggunakan teknik Random Sampling dengan undian dan diperoleh 2 kelas yang terdiri atas kelas XI IPA2 sebagai kontrol dengan jumlah siswa 30 dan kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Design, dimana dalam rancangan ini dilibatkan dua kelas yang akan dibandingkan. Pada analisis deskriptif rata rata hasil belajar siswa pada kelas yang pembelajarannya dengan model PBL adalah 80,22, sedangkan kelas yang pembelajarannya dengan metode pembelajaran konvensional adalah 74,44. Pada analisis inferensial untuk mengetahui perbedaan pencapaian kompetensi yang menggunakan uji dua rata-rata dengan taraf kepercayaan (α)= 0,05, menunjukan t_hitung= 4,407 >t_tabel=2,00. Ini berarti bahwa, statistic uji tersebut jatuh pada wilayah kritiknya. Karena itu dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada pembelajaran TIK.

Kata Kunci : Metode Penemuan, Konvensional, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Anonimus. 2012. Langkah-Langkah Model Pembelajaran Ceramah. http://id.scribd.com/doc/91514283/LangkahLangkah-Model-Pembelajaran-Ceramah. Waktu akses: 17/12/2012 pukul 14.09 wita.

Anonimus. 2011. Metode Ceramah. http://www.majalahpendidikan.com/2011/10/pengert ian-dan-pelaksanaan-metode.html. Waktu akses: 17/12/2012 pukul 14.09 wita.

Anonimus. 2011.Metode Ceramah. http://www.sarjanaku.com/2011/08/metodeceramah.html. Waktu akses: 17/12/2012 pukul 14.09 wita.

Arikunto S. 1990. Manajemen Pendidikan. Rineka Cipta:Jakarta

Hajriana. 2010. Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah). http://hajrianawarnadunia.blogspot.com/2010/04/pro blem-based-learning-pembelajaran.html. Waktu akses : 21/05/2012 pukul 21.19 wita.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara:Bandung.

Ibrahim, H. Muslimin. 2004. Pembelajaran Kooperatif. University Press: Surabaya

Nurhadi. 2004. Definisi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). http://abdurrazzaaq.com/1883/penerapan-modelpembelajaran-berbasis-masalah-problem-basedlearning. Waktu akses 21/05/2012 pukul 20.37 wita.

Sadirman. 2008. Belajar. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/09/28/pe mbelajaran-berdasarkan-masalah/. Waktu akses : 21/05/2012 pukul 20.55 wita.

Sudjana. 1992. Metode Statistika. Tarsito : Bandung

Sudrajat, A. 2011. Pembelajaran Berbasis Masalah. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/09/28/pe mbelajaran-berdasarkan-masalah/. Waktu akses : 21/05/2012 pukul 20.55 wita.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Trianto. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/09/28/pe mbelajaran-berdasarkan-masalah/. Waktu akses : 21/05/2012 pukul 20.55 wita.

Tugino. 2011. Model Pembelajaran Berbasis Masalah. http://tugino230171.wordpress.com/2011/01/09/mod el-pembelajaran-berbasis-masalah/#more-1483. Waktu akses : 21/05/2012 pukul 20.43 wita.

Raka J. 1992. Strategi Pembelajaran. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/09/28/pe mbelajaran-berdasarkan-masalah/. Waktu akses : 21/05/2012 pukul 20.55 wita.

Kementerian pendidikan nasional. Direktorat Tenaga Kependidikan. 2010. Materi Pelatihan Penguatan Pengawas Sekolah. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.