PENGEMBANGAN APLIKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL KOLINTANG BERBASIS ANDROID

Grayry Pelealu, Trudi Komansilan, Cindy Munaiseche

Abstract


Abstrak---Tujuan penelitian ini membuat sebuah aplikasi pembelajaran kolintang berbasis android. Dibuat menggunakan software Adobe Flash, yaitu software yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis android. Pembuatan aplikasi ini diharapkan mempermudah pengguna mengenal dan mempelajari Kolintang.Penulis membuat aplikasi pembelajaran ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki 6 tahapan. Perancangan aplikasi ini menggunakan Adobe Flash, Photoshop untuk mengolah gambar,Sony Vegasuntuk mengolah video,Audacity untuk mengolah audio, maka aplikasi yang dihasilkan yaitu aplikasi kolintang yang berisi tentang sejarah kolintang, notasi dan chord, virtual kolintang yang bisa dimainkan, yang memudahkan bagi pengguna untuk mengenal dan mempelajari kolintang.

Kata kunci : Aplikasi kolintang, Android, MDLC (Multimedia Development Life Cycle).


Full Text:

PDF

References


Kaseke, P. 2013. Buku Panduan Kolintang. http://www.kolintang.co.id, (diakses 09 february 2016).

Grover, C. 2012. Flash CS6 The Missing Manual. Sebastopol,Canada: O’Reilly Media,inc

Labrecque, J. 2011. What’s New in Adobe AIR 3.Sebastopol,Canada: O’Reilly Media,inc.

Dayley. D. 2012. Photoshop CS6 BIBLE. Indianapolis: Jhon Wiley & Sons, Inc

Wood, D. 2012. Sony Vegas Pro 11 Beginner’s Guide. Birmingham,UK: Packt Publishing Ltd.

Audacity®. 2016. “History”. http://www.audacityteam.org/about/credits/, (diakses 10 february 2016). [7]Android. 2016. “History”. https://www.android.com/intl/id_id/history, (diakses 20 february 2016).

Sutopo, AH. 2003. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rasjid, M. 2016. “ Rancang Bangun Aplikasi Alat Musik Kolintang Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android”. Teknik Informatika Universitas Samratulangi Manado.

Pertiwi, DG. 2014. “ Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Tata Surya Berbasis Multimedia di Kelas IX SMP N 157 Jakarta Timur”. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitass Islam Negeri Syarif Hidayatulla


Refbacks

  • There are currently no refbacks.