PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM OPERASI SISWA KELAS X TKJ 4 SMK N 3 MANADO

William Edward Poli, J. Waworuntu, Irene Tangkawarouw

Abstract


Abstrak - Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran Sistem Operasi mengarahkan pada Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD agar menjadikan siswa lebih tertarik dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar serta dapat meningkatkan aspek sosial terutama hubungan interpersonal baik antar sesama siswa maupun siswa dengan guru.Manfaat dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa belajar lebih aktif, kreatif dan positif serta dapat membantu pihak sekolah untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, dan yang menjadi subyek dari penelitian ini adalah siswa – siswi kelas X TKJ 4 berjumlah 30 orang siswa. Hasil PTK ini, pertama hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) setelah penelitian ini, ternyata meningkat.Hal ini berdasarkan analisis data yang menunjukan perkembangan hasil belajar dari putaran I dan putaran II.Kedua, guru (peneliti) berhasil melaksanakan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD.

Kata kunci :Siswa, Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe STAD


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (1987). Rumus Daya Serap Klasikal. Bandung: Sinar

Baru Algesindo.

Asma, Nur. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departeme Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Asep Jihad dan Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran,

(Yogyakarta: Multi Pressindo,

Dimyati dan Mudjino.(2006) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Munif, Abdul (2013). Sistem Operasi Teknik Informasi dan Komunikasi.Malang:PPPPTK Boe Malang.

M. Thobroni (2015). Belajar Pembelajaran Teori dan Praktik. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

M. Fathurrohman , M.Pd.I (2015). Mode-Model Pembelajaran Inovatif.Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nanawi, H. (1981) Hasil Belajar Siswa. Jakarta: PT.Rineka

Cipta [9]Paizaluddin M.Pd.I, dan Ermalinda, M.hum. (2014). Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: PT Alfabeta.

Poerwanti, E. (2008). Asessmen Pembelejaran Bandung:

Pustaka Setia.

Rusman.(2014).Model-ModelPembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, (dalam Isjoni, 2008, 2009). Model Pembelajaran STAD.

Sadirman, (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta.

Sudjana, (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriyo. (2008). Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang: Nieuw Setapak.

Syaiful Sagala, (2011). Profesi Kependidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama. [18]Soemadi.S, (1981) Belajar dan faktor-faktor yang

mempengaruhinya.Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi proses pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Trianto M.Pd, (2011) Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prestasi Pustakaraya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.