HUBUNGAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DI SUTANRAJA HOTEL AMURANG

Aprilia Anggelina Lasut, H. N. Tambingon, Steven Rogahang

Abstract


Abstrak - Disiplin kerja adalah sikap menghormati, menghargai dan taat pada peraturan yang berlaku baik secara tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya, tidak mengelak dengan sanksi-sanksi apabila melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya demi mencapai suatu tujuan. Berbicara tentang disiplin kerja karyawan, personality merupakan aspek utama dalam melayani seorang tamu di hotel. Personality sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu yang datang berkunjung dan menginap di hotel. Apabila seorang karyawan tidak memiliki personality yang baik maka akan mempengaruhi tingkat kepuasan dari tamu. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara disiplin kerja dengan kepuasan tamu di Sutanraja Hotel Amurang. Dengan variabel independen adalah disiplin kerja karyawan (X) dan variabel dependen adalah kepuasan tamu (Y). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 80 sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan korelasi product moment dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai rhitung sebesar 0,623 > rtabel sebesar 0,312. Dengan nilai rhitung > rtabel, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja karyawan dengan kepuasan pelanggan di Sutanraja Hotel Amurang.

Kata Kunci : Disiplin Kerja; Personality; Kepuasan Pelanggan Hotel


Full Text:

PDF

References


Bambang Sujatno, 2008, Hotel Courtesy. Andi. Yogyakarta

Annayanti Budiningsih, 2008, Akomodasi Perhotelan, Pusat Perbukuan Departement Pendidikan Nasional.

Arikunto Suharsimi, 2012, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Melton Utara.

Budi Agung Permana, 2013, Manajemen Marketing Perhotelan. Andi Yogyakarta

Fandy Tjiptono, 2006, Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi

I Nyoman Sudiarta, 2007. Metode Pengukuran Kualitas Pelayanan Pada Hospitality Industry. Jakarta : Erlangga.

Isnanto, R. Rizal, 2009. Buku Ajar Etika Profesi. Semarang : Universitas di Ponegoro

Kotler Philip, 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Rakhmat, 2012, Statistika. Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sutanraja Hotel Amurang, 2016, Buku Peraturan Perusahaan. Amurang

Tukiran E. 2012. Metode Penelitian Survei, Jakarta. LP3ES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.