HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TIK SISWA SMA KRISTEN 1 TOMOHON

Bayu P. K. Pijo, V. R. Palilingan, Fransiskus Seke

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar, motivasi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi  komunikasi TIK siswa kelas XI IPS di SMA Kristen 1 Tomohon 160. Variabel dalam penelitian ini adalah fasilitas belajar (X1), motivasi (X2), dan Hasil Belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Kristen 1 Tomohon, dimana teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling  diambil 40 siswa sebagai sampel. Instrumen penelitian fasilitas belajar dan motivasi  menggunakan angket sedangkan untuk hasil belajar diambil dari nilai hasil ulangan harian mata pelajaran TIK pada semester ganjil. Adapun hasil penelitian ini menunjukan: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar TIK siswa SMA Kristen 1 Tomohon. (2) Terdapat hubungan signifikan antara motivasi dengan hasil belajar TIK siswa SMA Kristen 1 Tomohon. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi secara simultan dengan hasil belajar TIK siswa, SMA Kristen 1 Tomohon.   

Kata Kunci : Fasilitas Belajar, Motivasi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Alma Buchari. 2012. Belajar Mudah Penelitan.Bandung : Alfabeta.

Arikunto. 1997 Pengelolaan Materil Jakarta : Prima Karya

Arikunto. 1997, Pengelolaan Materil, Jakarta : Prima Karya

Dalyono 2012. Phisikologi pendidikan, Rineka cipta

Djiwandono S.E.W. 2003. Psikologi Pendidikan Jakarta : Grasindo

Made Putrawan. 1990. Pengujian Hipotesis dalam Penelitian-Penelitian Sosial. Rineke Cipta.

Mulyono, 2013. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Skripsi. Sidoarjo : UHS

Nasution S. 1992. Teknologi Pendidikan. Bandung : CV. Jemmars

Nasution, 1995. Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak, Bandung: Gunung Mulia

Pradipto D.Y.2007. Belajar Sejati Versus Kurikulum Nasional. Yogyakarta : Kanisius

Pramudianto 2015. Strategi Pengembanganpotensi diri dengan Coaching Penerbit Andi

Sardiman 2006 Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar Rajagravindo Persada

Sary E. N. Yessy 2015 Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan DIY : CV. Budi Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.