HUBUNGAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BEALAJAR KKPI SISWA SMK NEGERI 1 TAGULANDANG SELATAN

Rudy H. W. Pardanus

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) hubungan kreativitas belajar dan hasil belajar siswa, (2) hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajarĀ  siswa, (3) hubungan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar KKPI SMK Negeri 1 Tagulandang Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bersifat korelasional. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa SMK Negeri 1 Tagulandang Selatan tahun Ajaran 2015 / 2016 yang berjumlah 203 siswa dan sampel berjumlah 30 siswa yang diambil secara proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukandengan menggunakan angket. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi sederhana, sedangkan hipotesis ke tiga menggunakan analisis korelasi ganda dan regresi ganda.Dari hasil pengujian koefisien korelasi sederhana untuk melihat hubungan antara kreativitas belajar dengan hasil belajar, terlihat bahwa thitung> ttabel atau 3.796 >2.048 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara Kreativitas belajar (X1)dengan hasil belajar (Y), sedangkan hasil pengujian koefisien korelasi sederhana untuk melihat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, thitung> ttabel atau 3.657 >2.048 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y). Untuk pengujian koefisien korelasi ganda nilai F_hitung=,7.052, lebih besar dari F_tabel =3.35 pada taraf signifikan 5 %, dan F_tabel=5.49 pada taraf signifikan 1 % yang berarti terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara Kreativitas belajar dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa KKPI SMK Negeri 1 Tagulandang Selatan.


Kata kunci: Kreativitas, motivasi, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Craft, A. 2005. Membangun Kreativitas Anak. Depok: Insani Perss.

Dalyono. 2005. Phisokologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. 2009. belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. 1991. Strategi Balajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hurlock, E. B. 2005. Perkembanagn Anak. Jakarta: Erlangga.

Marzuki. 2002. Statistika. Yogjakarta: Bagian Penerbitan Fakultan Ekonomo Islam Jakarta.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:

Reneka Cipta.

Nasution dkk. 1992. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2002. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

______. 2007. Phisikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sardiman, A. M.2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Slameto. 2003. TeoriBelajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Salatiga:Rineka Cipta.

______. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soeharto, Karti dkk. 2003.Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Surabaya Intellectual Club.

Sudjana. 2001. Teknik Analisis Regresi Dan Korelasi. Bandung: Tarsito.

Suharman. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya.

Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

______. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______.2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: IKAPI.

Uno, H. B dan Kuadrat Masri. 2009. Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Wycoff, Joyce. 2002. Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran. Bandung: Kaifa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.