AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5.0 DI RUMAH SAKIT

R. V Palilingan, Daniel Kaparang, Anugrah Maukar

Abstract


Intisari - Daya saing suatu organisasi sangat bergantung pada tata kelola IT, karena tata kelola IT yang baik memungkinkan organisasi untuk mengoptimalkan keuntungan dari pengimplementasian IT. Saat ini, tata kelola IT di Rumah Sakit Hermana Lembean telah dijalankan dengan cukup baik, namun terdapat beberapa kendala yang menganggu dalam proses bisnisnya. COBIT 5 merupakan standar untuk proses tata kelola teknologi informasi yang dapat membantu suatu organisasi untuk mengelola, mengembangkan, dan mempertahankan asset yang dimilikinya. Pada penelitian ini, dilakukan audit tata kelola teknologi informasi berdasarkan kerangka kerja COBIT 5 fokus pada domain EDM dan BAI dengan studi kasus di Rumah Sakit Hermana Lembean. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis data, wawancara, dan kuisioner. Dari proses audit didapatkan hasil bahwa tingkat kemampuan RS Hermana Lembean dalam mengelola teknologi informasi pada focus domain EDM dan BAI secara umum mengarah pada level 4, namum pencapaian pada setiap prosesnya belum terpenuhi semuanya dan belum mencapai hasil yang diharapkan oleh pihak RS Hermana Lembean.
Kata kunci : Audit; COBIT; EDM; BAI; Tata Kelola IT; RS Hermana Lembean


Full Text:

PDF

References


Anung, Aninditha. 2015. Perancangan Sistem Informasi Kependudukan Dan Pencatatan Pajak Tanas Desa Dlingo Mojosongo Kabupaten Boyolali Berbasis Website, (http://www.repository.amikom.ac.id, diakses pada 10 Agustus 2018 pukul 21.15)

Herpendi. 2017. (Sistem Informasi Desa Di Kecamatan Taksiung. http://jsi.politala.ac.id/index.php/JSI/article/downloa d/103/63/. Di akses pada 01 September 2018 pukul 12.12)

Library Binus. 2012. “Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli”. http://library.binus.ac.id , Di akses pada 06 Februari 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.