PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR)

Daniel Riano Kaparang, Alfrina Mewengkang, Yongki Alexander Makambahe

Abstract


Intisari - Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi game edukasi pengenalan huruf berbasis agugmented reality (AR) “yang bersifat edukasional dan menyenangkan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dimana metode ini memiliki enam tahapan diantaranya, design, obtaining content material, assembly, testing, dan distribution. Analisis yang dilakukan dalam perancangan aplikasi ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam perancangan aplikasi. Hasil dari analisis dan perancangan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan suasana belajar yang baru dan menyenangkan bagi user terutama user yang berada dalam kalangan peserta didik.”

Kata Kunci: Game edukasi, Huruf, Augmented reality


Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Pt.Raja Grafindo Pustaka.

Azuma, Ronald T. (August 1997). A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments.

Christiantho. (2017). www.inigame.id.

Fernando, Mario. (2013). Membeuat Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Universitas Klabat Manado: Manado.

Ihsan. (2012). www.tribunnews.com.

Luther, Arc C. (1994). Authoring Interactive Multimedia. AP Professional: Boston.

Martin. (2014). www.republika.co.id.

Prastowo Beni. (2014). Perancangan Game “Save Us” Menggunakan Unity Game Engine. Universitas Sebelas Maret Surakarta: Surakarta

Prima Rosyad. (2014). Pengenalan Hewan Augmented Reality Berbasis Android.Universitas Muhamadiyah Surakarta: Surakarta.

Rahmadani. (2017). Implementasi Augmented Reality Dalam Pengenalan Buah dan Binatang Pada Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga Yogyakarta: Yogyakarta.

Riando. (2014). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Huruf dan Angka Berbasis 3D. Universitas Negeri Manado: Tondano.

Samsul Ahmad Huda. (2016). Game Edukasi Cepat Tepat Dengan Metode Finite State Machine (Fsm) Pada Smartphone. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang.

Sutopo A. Hadi. (2012), Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wifda Rifaiadita, W. (2015). Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Yudhastara, Brian. (2012). Teknologi Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Hewan Pada Anak Usia Dini Secara Virtual. STIMIK AMIKOM: Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.