PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI BIMBINGAN SKRIPSI BERBASIS WEB

Andi Kasiwulan, M. M. Mintjelungan, Mario Parinsi

Abstract


Intisari - Penyelesaian studi mahasiswa perguruan tinggi, harus melalui tahapan pembuatan skripsi, sebagai syarat mengikuti ujian kelulusan untuk mendapatkan gelar sarjana. Proses pembuatan skripsi memerlukan bimbingan dari dosen pembimbing untuk lebih optimal dan tepat waktu dalam penyelesaian studi. Pada proses pembuatan skripsi, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam penulisan dan bimbingan dengan dosen pembimbing terkendala. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi bimbingan skripsi berbasis web (ABTA) yang dapat membantu mahasiswa dalam proses bimbingan, sehingga menghemat biaya dan proses bimbingan dapat dilakukan tanpa bertemu secara langsung. Sistem ini di rancang menggunakan model MVC (Model, View, Controller) dengan konsep OOP (Object Oriented Programming) metodologi yang digunakan yaitu metodologi RAD (Rapid Application Development) bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP (HypertText Preprocessor) dengan menggunakan framework codeigniter. Adanya aplikasi ini di harapkan dapat membantu mahasiswa dalam melakukan bimbingan dan evaluasi oleh dosen pembimbing.  

Kata kunci: MVC, RAD, PHP, OOP, Skripsi


Full Text:

PDF

References


. Juansyah Andi.2015.Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-Gps ) Dengan Platform Android Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika ( Komputa ), Volume 1.

. Sastypratiwi, H. and Dwiyani, A. (2016) ‘Perancangan Aplikasi Daring Bimbingan Tugas Akhir’, 2(1), pp. 50– 53.

. Cahyaningtyas Rosita & Iryani Siska. 2015. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMP Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Indonesia Journal on Networking and Security, Volume.

. Miftahul huda, Jurnal Dialogia, Vol.9, No.2 , 2011, h. 111

. Yuhefizar, Mooduto, HA dan Hidayat, Rahmat. 2006. Cara Mudah Membangun Website Interaktif menggunakan Content Managemen System Joomla. Jakarta: Elex Media Komputindo.

. Hidayatullah Priyanto & Jauhari Khairul Kawistara. 2017. Pemograman Web.Edisi Revisi. Bandung: Informatika.

. Raharjo Budi. 2015. Belajar Otodidik Framework Codeigniter. Bandung: IF Informatika.

. Farid dkk. 2014. Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Calon Tenaga Kerja Secara Online Berbasis Web pada Bursa Kerja Khusus SMK Banesha Tama Boyolali. Jurnal Teknologi informasi dan Komunikasi, Vol.5 No.2, Agustus: Surakarta.

. Dwi Priyanti, Siska Iriani. 2013. Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, Vol 2 No

. Mustaqbal M. Sidi dkk. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasusu: Aplikasi Prediksi Kelulusan Snmptn). Jurnal Ilmiah Vol.1 No 3. Agustus: Bandung.

. S. A. Rosa, Shalhuddin M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.