PENGUKURAN KINERJA TI DENGAN MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD

Sondy Campvid Kumajas

Abstract


Intisari - pergantian abad industri menjadi abad informasi yang ditandai dengan bergesernya fungsi ti dari level operasional ke level taktikal dan strategis mengakibatkan keberhasilan kompetitif dapat dicapai dengan kemampuan perusahaan untuk memobilisasi dan mengeksploitasi aktiva tak berwujud. dalam jurnal ini, dilakukan perancangan sistem pengukuran kinerja dengan menggunakan itbalanced scorecard pada divisi internet banking dengan menghasilkan suatu peta strategi (strategy map). berdasarkan peta strategi ini, maka pengembangan layanan dan fasilitas internet banking akan menuntut pula dikembangkannya arsitektur dan kemampuan ti yang ada dengan mengacu pada standar tertentu. semua ini pada akhirnya akan meningkatkan pengetahuan dan penguasaan teknologi oleh para karyawan itu sendiri. peningkatan alokasi biaya pendidikan dalam jangka pendek akan berdampak pada meningkatnya kepuasaan karyawan dan meningkatnya produktivitas dalam jangka menengah dan panjang. kepuasan karyawan dan penguasaan teknologi yang baik akan membawa efek yang baik pada kelancaran dan kehandalan operasional divisi internet banking. semua hal di atas akan dilakukan cross-check dengan visi dan misi divisi ini untuk melihat kesesuaian dan terpenuhinya visi dan misi itu sendiri.melalui jurnal ini, it-balanced scorecard dapat digunakan untuk merancang sistem pengukuran kinerja dan sebagai sistem manajemen strategis pada level departemen atau unit bisnis, bukan hanya pada level korporat saja.
 
Kata kunci : IT perfomance, pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, IT Balanced Scorecard

Full Text:

PDF

References


Kaplan, Norton, Translating Strategy into Action – The Balanced Scorecard, Presiden and Fellow of Harvard College, 1996.

Ronald Saull, CSP, "The IT Balanced Scorecard – A Roadmap to Effective Governance of a Shared Services IT Organization", ISACA, 2000.

Kaplan, Norton, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi Balanced Scorecard, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2000.

Gaspers, V., Sistem Manajemen Kinerjas Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.

Van Grembergen, W. and Van Bruggen, R., Measuring and Improving Corporate Information Technology through the Balanced Scorecard. University of Antwerp, 1997.

Sony Y., Edy S. dan Muhammad I., Petunjuk Praktis Penyusunan BSC, PT Gramedia, Jakarta, 2002.

Turban, MacLean, Wetherbe, Information Technology for Management 2nd Edition, John Wiley & Sons, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.