ANALISA E-LEARNING PROGRAM STUDI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Wensi R. L. Paat

Abstract


Intisari  –  Pendidikan merupakan ujung tombak dalam membentuk insan yang cerdas dan kompetitif sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pendidikan merupakan salah satu bidang yang sudah tersentuh oleh revolusi teknologi informasi dan komunikasi tersebut. eLearning  adalah  salah  satu  revolusi  di  bidang  pendidikan  berbasis  teknologi  internet yang diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pengembangan sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien dengan biaya yang lebih rendah di masa mendatang. Dalam keseharian proses belajar mengajar di Prodi PTIK FATEK UNIMA secara umum masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional, oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisa struktur dan konten e-Learning yang tepat di Prodi PTIK FATEK UNIMA dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan dan metode penelitian dan pengembangan yang didalamnya terdiri dari metode wawancara,
pengamatan berpartisipasi, dokumentasi, serta metode pengumpulan data dengan alat-alat elektronis. Dari analisa yang  dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa e-Learning yang akan dikembangkan adalah eLearning yang dapat mengisi kekurangan-kekurangan sistem pembelajaran konvensional yang ada seperti pengunduhan materi, pemberian dan pengumpulan tugas, pelaksanaan ujian, penyaluran informasi serta fasilitas forum baik itu forum umum maupun forum khusus bidang studi yang kesemuanya itu dapat di akses secara online.
 
Kata Kunci: e-Learning, Prodi PTIK FATEK UNIMA, analisa struktur, analisa konten

Full Text:

PDF

References


A. L. Suban, e-Learning Universitas Nusa NIPA Maumere dengan Konten Multimedia Berbasis Moodle, Yogyakarta, 2011.

D. Middleton, Putting the-Learning into e-Learning, Cardiff, 2009.

F. Anggraini, Learning management System (LMS) Untuk User Pada Lingkungan perguruan Tinggi studi kasus UPN Veteran Yogyakarta, Yogyakarta, 2009.

F. Bacalu, e-Learning – the Ultimate Educational Tool, Bucharest, 2012.

Fachri, Learning, Konsep dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta, 2006.

J. W. Creswell, Research design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, California, 2003.

K. Sharma, Critical Success Factors in Crafting a Strategic Architecture for e-Learning, India, 2010.

L. J. Moleong, Metodologi penelitian kualitatif, Bandung, 1999.

M. Q. Patton, Qualitatif Evalution Methods, California, 1980.

P. Sinangnjaya, Aplikasi Penugasan Kuliah Berbasis Web, Yogyakarta, 2009.

R. Bogdan and S. K. Biklen, Qualitative Research for Education: n Introduction to Theory and Methods, Boston, 1982.

R. Elango,Quality of e-Learning: An Analysis Based on eLearners, 2008.

R. L. Porter,Creating The Virtual Clasroom : DistanceLearning With The Internet, New York, 1999.

S. Henri, Aplikasi e-Learning Pada Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro Berbasis PHP dan MySQL, Semarang, 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R and D, Bandung, 2008.

T. Leacock, Building a Sustaniable e-Learning Development Culture, Bradfort, 2005.

W. Mahamboro, Sistem E-Learning Berbasis Web Untuk Mendukung Kegiatan Perkuliahan, Bandung, 2002.

Y. R. Vidya, Desain Dan Implementasi Administrator Learning Management System (LMS) Studi Kasus : UPN "Veteran" Yogyakarta, Yogyakarta, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.