PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BUKU AJAR DAN BUKU REFERENSI DI LP2AI UNIMA

Sandy V Lonteng, Peggy Togas, Audy Kenap

Abstract


Intisari - Penelitian ini bertujuan untuk membantu mempermudah operator LP2AI dalam mengolah data dan memudahkan dosen dalam memasukan data bahan ajar dan referensi, seperti proses pengolahan data yang masih manual Microsoft office excel, pengarsipan datadatanya masih manual memakan banyak tempat karena jenis filenya adalah hardcopy sehingga beresiko lamanya dalam pencarian data yang diperlukan dan penyaluran informasi yang kurang efektif masih dihubungi lewat via sms, telepon, dll. Metode yang digunakan adalah metode prototype, dengan metode pengujian dengan pendekatan BlackBox Testing pengujian ini dilakukan untuk menguji fungsi dari sistem yang telah dibuat apakah valid atau tidak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem yang telah dibuat memudahkan operator dalam mengelolah data sehingga lebih cepat dalam penyajian data dan layanan informasi kepada dosen-dosen, pegawai LP2AI dan memudahkan dosen dalam memberikan hasil bahan ajar dan referensi serta mendapatkan informasi dengan mudah lewat sistem yang sudah terkomputerisasi.

Kata Kunci : Web, Sistem Informasi, Prototype, BlackBox


Full Text:

PDF

References


Cahyaningtyas Rosita, Siska Iriyani. 2015. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Smp Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Vol 4 No 2 : IJNS

Mustaqbal, Sidi. 2015. Pengujia n Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis, rifiana.staff.gunadarma.ac.id , diakses pada 08 Februari 2019.

Priyanti, Dwi. 2013.( Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Keccamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan, http://ijns.org/journal/index.php, diakses pada 12 Agustus 2018 pukul 18.00).

Ramadhani Syaifudin, Urifatun Anis, Siti Tazkiyatul Masruro. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL. Vol 5 No 2 : Jurnal teknika.

Rani Susanto, Anna Dara Andriana. 2016. Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Majalah Ilmiah Unikom”, Vol 14 No 1 : UNIKOM.

Setiawan, Didik. 2015. (Perancangan Sistem Informasi Penduduk Pada Kantor Desa Kebonsari, ijns.org/journal/index.php . diakses pada 10 Agustus 2018 pukul 22:32)

Siagian Pandapotan, Erick Fernando. 2014. “Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Sms Gateway ”. Vol 6 No 1 : jurnal sistem informasi.

Sidharta Iwan, Mirna Wati. 2015. Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Urunan Desa (Urdes) Berdasarkan Pada Pajak Bumi Dan Bangunan. Vol 9 No 2 : Jurnal Computech dan Bisnis.

Supramana, I Gusti Lanang Putra Eka Prismana. 2016. Implementasi Load Balancing Pada Web Server Dengan Menggunakan Apache. Vol 5 No 2 : Jurnal management informatika

Sutabri, Tata. 2005. “Sistem Informasi Manajemen”. Jakarta

Yuliana Khozin, Muhamad Zahrudin. 2018. Analisa Sistem Informasi Peminjaman Dan Pengembalian Buku Perpustakaan Pada Sma Nusantara 1 Tangerang. Vol 4 No 1 : ISSN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.