PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA KELAS X TKJ SMK KRISTEN IMANUEL MINAHASA UTARA
Abstract
Intisari - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran jaringan komputer. Jenis penelitian ini ádalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X TKJ SMK Kristen Immanuel Minahasa Utara tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes dan Observasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan pedoman observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran jaringan komputer. Disamping itu melalui penelitian ini juga siswa tampak lebih aktif belajar, lebih termotivasi belajar, dan kerja sama diantara siswa lebih tinggi.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arnet D. 2003. Evaluasi Pengajaran. Aksara Baru. Jakarta.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Alfabeta. Bandung
Barlianto. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Kelas XI IPA II di SMA Kristen Tobelo. Skripsi. UNIMA
Daryanto. 2009. Panduan proses pembelajaran kreatif dan inovatif.av publisher. Jakarta
Dimyati dan Mudjiono, (2002). Belajar dan Pembelajaran, Reneka Cipta : Jakarta
Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual konsep dan aplikasi. Refika Aditama. Bandung
Muliawati, 2010 Model Pembelajaran Berbasis Proyek. http://sinriyanti.blogspot.com/2011/12/model-pembelajaran-berbasis-proyek.html.
Nasution, S. 2000. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Rineka Cipta. Jakarta
Rahmawati.http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/23456789/2938/ 1/DINI%20RAHMAWATI-FITK.pdf
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional guru. PT Raja Grafindo. Jakarta
Sardiman. A. M 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Rajawali Pers.
Slamento, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta : Jakarta.
Sudjana Nana 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Bandung. Sinar Baru Algensindo
Suryadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Andi. Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.