ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MINAHASA

Ekoristio Suwandi, Herdy Dj Liow, Arje C Djamen

Abstract


Intisari - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang Jaringan Komputer di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa. Perancangan ini menggunakan metode NDLC (Network Development Life Cycle), yang mempunyai tahapan analysis, design, simulation prototyping, implementation, monitoring, dan management. Terdapat empat aspek yang dianalisis dalam penelitian yaitu, analisis permasalahan, analisis kebutuhan, analisis topologi dan analisis perangkat jaringan. Untuk design jaringan menggunakan Software Edraw Max, dilanjutkan dengan simulation prototyping menggunakan Cisco Packet Tracer. Dan perancangan jaringan menggunakan perangkat server, switch, cable, access point. dan mikrotik router untuk management jaringan, yang meliputi management bandwidth, dan management user. Hasil penelitian menunjukan bahwa komputer-komputer di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa, telah terhubung dalam jaringan komputer sehingga lebih memudahkan pegawai untuk bertukar informasi data / file via jaringan komputer. selain itu dengan adanya management jaringan yang diterapkan penggunaan internet dapat terorganisir dengan baik, sehingga tidak terjadi pemborosan bandwidth dan penggunaan access control list mengatur layanan internet yang dapat diakses maupun tidak dapat diakses saat jam kerja. Dengan demikian perancangan yang dibuat telah memenuhi standar perancangan jaringan komputer.

Kata Kunci : Analisis, Jaringan Komputer, NDLC, Internet.


Full Text:

PDF

References


Baskoro, A.P. (2011), ‘Analisis dan Perancangan Jaringan Komputer Studi Kasus Inna Garuda Yogyakarta’, Jurnal Jaringan Komputer Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Purbo, O.W. (2016), Simulasi Jaringan Komputer dengan Cisco Packet Tracer, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Komputer, W. (2010). Cara Mudah Membangun Jaringan Komputer dan Internet. Jakarta Selatan: Mediakita.

Kurniawan. (2007), Jaringan Komputer, Andi, Semarang.

Madcoms. (2013), Cepat dan mudah membangun jaringan komputer, Andi, Yogyakarta.

Pratama, E. (2014), “Handbook Jaringan Komputer”. Informatika, Bandung.

Sofana, I. (2013), Membangun Jaringan Komputer, Informatika, Bandung.

Sofana, I. (2015), Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik, Informatika, Bandung.

Zakaria, M. (2017), Topologi Jaringan Komputer, (http://www.nesabamedia.com/topologi-jaringan-komputer/) diakses tanggal 29 Juni 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.