Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII A SMP N 1 Bolaang

Richo Dekroly Wokas, Femmy Roosje Kawuwung, Sukmarayu P Gedoan

Abstract


ABSTRACT

 

In the whole of SMP N 1 Bolaang has not applied discovery learning methods. This learning method can improve learning outcomes. This study aims to improve student learning outcomes on the subject matter of biological science specifically on the material "Pests and diseases in plants" through Discovery Learning methods in VIII A class SMP N 1 Bolaang. The research method used is Classroom Action Research (CAR). The result showed that the learning completeness obtained in the first cycle was 38.71%, and the second cycle had an increase of 93.55%. Learning using the discovery learning method in pests and diseases in plants can improve learning outcomes in cycle II.

 

Keywords: Discovery learning, learning outcomes.

 

ABSTRAK

Di sekolah SMP N 1 Bolaang belum menerapkan metode pembelajaran discovery learning. Metode pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan IPA biologi terlebih khusus pada materi “Hama dan penyakit pada tumbuhan” melalui metode pembelajaran Discovery Learning di kelas VIII A SMP N 1 Bolaang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 38,71%, dan siklus II adalah 93,55%. Pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning pada materi hama dan penyakit pada tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus II.

 

Kata kunci: Discovery learning, hasil belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.