Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Siau Barat Pada Materi Keanekaragaman Hayati
Abstract
ABSTRACT
Biology is an interesting branch of natural science to study because it discusses about living things. But most students assume that biology s difficult to understand because to learn bology must memorize and use many terms. The purpose of this study is to find out whether the model discovery learning learning influences student learning outcomes in biodiversity material n class X IPA SMA Negeri 1 Siau Barat state high scholl. This study was carried out in the odd semester, namely in the 2018/2019 school year in class X IPA SMA Negeri 1 Siau Barat. Sample used that is in class X IPA 2 totaling 22 students and X IPA 3 totaling 22 students. The results of the study show that the average student learning outcomes using discovery learning models is 82,40 while the average learning outcomes of students who do not use discovery learning models that is 75. The average student learning outcomes that use the discovery learning models will be higher than the learning outcomes of students who do not use discovery learning models.
Keywords: learning outcomes, discovery learning, biodiversity.
ABSTRAK
SMA N 1 Siau Barat masalah yang dihadapi sekolah kurangnya fasilitas belajar seperti LCD yang mengakibatkan siswa kurang memahami pembelajaran yang disampaikan. Kebanyakan peserta didik masih mengalami kesulitan memahami materi dalam proses pembelajaran berlangsung. Akan tetapi sebagian besar peserta didik beranggapan bahwa biologi susah untuk dipahami karena untuk belajar biologi harus banyak menghapal dan menggunakan istilah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X IPA SMA Negeri 1 Siau Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil yakni pada tahun ajaran 2018/2019 di kelas X SMA Negeri 1 Siau Barat. Adapun sampel yang digunakan yaitu pada kelas X IPA 2 berjumah 22 siswa dan X IPA 3 berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata – rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah 82,40, sedangkan rata – rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 75. Rata- rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discoverylearning lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran discovery learning.
Kata kunci: Hasil belajar, pembelajaran discovery, keanekaragaman.
Refbacks
- There are currently no refbacks.