Pembelajaran Menyimak Teks Pidato Melalui Model Pembelajaran Tipe STAD Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tabukan

Dernita Mirontoneng, Elvie A. Sepang, Susan Monoarfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe STAD dan kemampuan menyimak teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tabukan Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analitik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tabukan Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada awal bulan Januari 2018 sampai Mei 2018. Sumber data penelitian ini ialah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tabukan Utara yang berjumlah 20 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yang diperoleh dari siswa ialah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menyimak konsentratif teks pidato oleh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tabukan Utara. Observasi dilakukan untuk mengamati pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mengaktifkan siswa selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memampukan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tabukan Utara tergolong cukup mampu dalam menyimak teks pidato, karena nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 75,1%. Siswa tergolong cukup mampu dalam memahami informasi pokok karena hasil yang dicapai adalah 7,2%. Kemampuan memahami ide pokok tergolong mampu karena hasil yang dicapai adalah 100% sedangkan kemampuan memahami fakta-fakta adalah kurang mampu karena hasil yang dicapai adalah 5,45%.

Full Text:

PDF

References


Manorek, M., Pesik, N. dan Iroth, S. 2014. Pembelajaran Membaca Pemahaman melalui Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMA Negeri Tompaso. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 2, N0 3 (2014). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Merpati, M.G., Djojosuroto, K., dan Wengkang, T.I. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamako. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 1, No 3 (2013) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Momongan, Paath dan Meruntu 2015. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran “Think Pair Share” (TPS) Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Fakultan Bahasa dan Seni Kompetensi Vol 3, No 2 (2015): Bahasa Indonesia. http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Ohoiwirin, F., Mandang, F.H., dan Wengkang, T.I. 2015. Kemampuan Menggunakan Kata Majemuk dan Frasa dalam Kalimat dengan Model STAD Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi, Vol 3, No 2 (2015). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Sahempa, O., Mandang, F.H. dan Palar, W.R. 2014. Kemampuan Menentukan Kelas Kata Bahasa Indonesia Melalui Model STAD Siswa Kelas VIII SMP Gonsaga Tomohon. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi, Vol 2, No 2 (2014). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3639

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3639.g1702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.