Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP

Nelawati Mokodongan, Nontje J. Pangemanan, Oldie S. Meruntu

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan menulis teks fabel meliputi bagian orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda siswa kelas VII SMP Negeri 3 Passi Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Passi Bolaang Mongondow. Waktu penelitian adalah Januari-Maret 2021.Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Passi Kabupaten Bolaang Mongondow yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Passi Kabupaten Bolaang Mongondow ternyata mampu menulis teks fabel. Hal ini dapat dilihat nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 84,00%. 6 siswa berada pada kriteria sangat mampu yaitu pada rentang nilai 90%-100%. 6 siswa berada pada kriteria mampu yaitu pada rentang nilai 80%-89%. Dan 3 siswa berada pada kriteria cukup mampu yaitu pada rentang nilai 70%-79%.

Full Text:

PDF

References


Merpati, M.G., Djojosuroto, K., dan Wengkang, T.I. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamako. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 1, No 3 (2013) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Momongan, Kevin Y.R., Paath, Ruth C., & Meruntu, Oldie S. 2015. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran  Think Pair Shareâ (TPS) Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon.

Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi Vol 3, No 2 (2015): Bahasa Indonesia.

Polouan, S.M,. Djojosuroto, K., dan Poliin J.I. 2014. Kemampuan Menentukan Nilai Noral dalam Fabel Anoa dan Tikus Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas VII SMP Kristen Lolah. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 2, No2, (2014). http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta. Bandung.

Sukardi, 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suwarsono, V.S., Pangemanan, N.J., Meruntu, O.S. 2020. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam dongeng “Mamanua dan Walansendowa” dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1, No.2 Tahun 2020. Desember. Ejournal.unima.ac.id/Php/indeks/bahtra.

Tarigan, Herry Guntur. 1990. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3637

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3637.g1700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.