Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa SMA

Syeli Trifena Aring, Joni J. Loho, Ruth C. Paath

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat apakah ada pengaruh antara penguasaan kosakata siswa sebagai variabel bebas dengan kemampuan dalam menulis teks eksposisi pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tompaso. Metode yang dipakai untuk penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI peminatan bahasa SMA Negeri 1 Tompaso yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berjumlah 75 soal yang digunakan untuk melihat nilai penguasaan kosakata siswa, serta tes kemampuan menulis dengan menggunakan bentuk tes esai (siswa menulis eksposisi). Analisis bivariat dengan menggunakan rumus product moment dengan bantuan program statistik SPSS. Hasil Uji bivariat menunjukkan ada pengaruh kedua variabel yaitu penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa, dimana hasil dari uji statistik didapati rhitung sejumlah 0,787 lebih besar dari pada rtabel yaitu dengan jumlah 0,396 tingkat kealpaan 5%. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas dan variabel terikat penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas XI Bahasa di SMA N 1 Tompaso.

Full Text:

PDF

References


Frecelya Fyola Adryani, Gani Erizal 2019. Korelasi Penguasaan variabel bebas Kosakata dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dilakukan pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 8 No 4. (online).http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/download/106904/102585&ved

Jacob, M F, dkk. 2014. Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif dengan menggunakan Model Pembelajaran a Think Talk Write pada Siswa Kelas X SMAN1 Kakas. https://portalgaruda.fti.unissula.ac.id.

Janah, N M. 2014. Hubungan Gemar Baca dan Penguasaan Kata dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri Sekabupaten Bantul Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni : Universitas Negeri Yogyakarta

Kumenap, Y, Eizen dkk. 2014. Kemampuan Menulis Paragraf Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano. https://portalgaruda.fti.unissula.ac.id.

Kurniati, Neni. 2018. Pengaruh Penguasaan Kosa Kata dan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. (Online). https://journal.lppmunindra.ac.id.

Lapare, D, R. dkk. 2014. Keterampilan dalam Mencatat Paragraf Eksposisi dengan Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kakas. (online) https://portalgaruda.fti.unissula.ac.id.

Rahman, Taufiqur. 2018. Teks dalam Kajian Struktur Kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada media Group

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran kosakata Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3636

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3636.g1699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.