Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur Teks Kritik dengan Strategi Empirik Pada Siswa Kelas XI SMA

Ongki O. Kumambong, Intama J. Polii, Thresye Wantania

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) menggambarkan pembelajaran mengidentifikasi struktur teks kritik non-satra dengan strategi empirik pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Manado dan 2) menggambarkan kemampuan mengidentifikasi struktur teks kritik non-satra dengan strategi empirik siswa kelas XI SMA Negeri 7 Manado. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Sumber data adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Manado yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan proses pembelajaran dan rumus hitung persentase untuk menghitung kemampuan siswa mengidentifikasi struktur teks Menggambarkan pembelajaran menelaah struktur teks kritik non-satra dengan strategi empirik pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Manado. Hasil penelitian disimpulkan penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi struktur teks kritik dengan strategi empirik dari segi proses menciptakan suasana belajar yang kondusif, menumbuhkan keberanian dan kreatifitas siswa, dan mengarahkan siswa pada semua tahap kegiatan yang dirancang oleh guru. Selain itu, melalui strategi empirik dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur teks kritik memberikan pengetahuan dan pengalaman yang baru pada siswa. 2) Kemampuan siswa secara klasikal mengidentifikasi struktur teks kritik adalah 82.59 Kemampuan siswa ini melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 77. Kemampuan siswa secara klasikal mengidentifikasi struktur teks kritik berada pada kategori mampu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara individual semua siswa telah mencapai nilai yang diharapkan. Jadi tidak ada lagi siswa yang mengikuti remedial atau perbaikan nilai.

Full Text:

PDF

References


Dirjen GTK. Pedagogi PPG PGSD. Kemendikbud: Jakarta.

Lahopang, A.A., Al Katuuk, U.M.K., dan Kamagi. 2014. Penerapan Model Jigsaw dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 3, No 2 (2015) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya.

Momongan, Kevin Y.R., Paath, Ruth C., & Meruntu, Oldie S. 2015. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran  Think Pair Shareâ (TPS) Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi Vol 3, No 2 (2015): Bahasa Indonesia.

Posumah, Y., Ratu, D.M. dan Meruntu, O.S. 2021. Penerapan Teknik Identitas Koroporat dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur Teks Eksposisi pada siswa SMP. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2 , No 1, Tahun 2021 Juni. Ejournal.unima.ac.id/index.php/bahtra.

Rawis, J.E. Senduk, T.M, dan Torar, S.D. 2021. Kemampuan Memprodukti Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri Amurang. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2, No 1, Tahun 2021. Juni. Ejournal.unima.ac.id/index.php/bahtra.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wikipedia. Kamus Berbahasa Idonesia dan Ensiklopedia Bebas. https://id.wikipedia.org.wiki.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3635

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3635.g1693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.