Prefiks Bahasa Tombulu dan Implikasi Pada Pembelajaran Bahasa Daerah di Desa Rumengkor Kecamatan Tombulu

Noval Waranej J. Rogi, Donal M. Ratu, Thomas Senduk

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menginventarisasi dan mendeskripsikan bentuk, fungsi serta makna prefiks dalam bahasa Tombulu oleh penutur bahasa Tombulu di Desa Rumengkor Kecamatan Tombulu. Metode yang digunakan pada penelitan ini yakni metode deskriptif kualitatif. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya di susun, diperiksa, kemudian dianalisis. Teknik pengumpulan data sebagaimana menggunakan metode Cakap, harus diiringi teknik dasar seperti pancingan, cakap muka, dan rekam kemudian  dilanjutkan dengan metode catat. Dari hasil kajian yang peneliti lakukan maka ditemukanlah beberapa bentuk prefiks dalam bahasa Tombulu yaitu, /pah-/,/ka-/,/méi-/,   /maka-/,/mah-/, /ipah-/, /ma-/, dan /papa-/. Fungsi prefiks dalam bahasa Tombulu dapat dilihat dari salah satu bentuk misalnya prefiks /papa-/ berfungsi membentuk kata kerja (verba) dan prefiks /papa-/ bermakna melakukan suatu pekerjaan /papawɛhɛ/ bentuk dasarnya dari kata /wɛhɛ/ yang bermakna ‘beri’ adalah verba. Jika dilekatkan dengan prefiks /papa-/ menjadi /papawɛhɛ/ yang bermakna ‘memberikan’ tetap membentuk kata kerja (verba).

Full Text:

PDF

References


Kirk dan Miler. 1986. Metode Penelitian kualitatif dalam Albi, Anggito dan Johan Setiawan. Sukabumi : CV Jejak

Nababan, P.W.J. 1990. Kedwibahasaan dan Perkembangan Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah dalam Husen Abas dan T. David Andersen (penyunting) Prosiding Konferensi dan Seminar Nasional Ke-5 Masyarakat Linguistik Indonesia : Bahasa-Bahasa Daerah Sulawesi dalam Konteks Bahasa Nasional. Ujung Pandang : Unhas-SIL.

Mundung, Pesik, Lintjewas, 2020. Verba Bahasa Tontemboan. JURNAL BAHTRA: Vol. 1, No 1, 2020.

Otay, B. Pesik, N. Pangemanan, N.J. 2020. Pemertahanan Bahasa Tontemboan kalangan Pemuda. JURNAL BAHTRA: Vol.1, No 1,2020.

Pongantung, Palar,Meruntu, 2020. Sufiks Bahasa Tontemboan. JURNAL BAHTRA : Vol. 1, No 2, 2020.

Tampanguma, Wengkang, Palar, 2020. Pemertahanan Bahasa Tontemboan di Kalangan Remaja. JURNAL BAHTRA : Vol. 1, No 2, 2020.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3633

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3633.g1691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.