Kemampuan Menulis Teks Eksemplum Siswa Kelas VII SMP

Danly Dalawir, Donal M. Ratu, Suroni D. Torar

Abstract


Tujuan penelitian ini menggambarkan Kemampuan Menulis Teks Eksemplum Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Modoinding. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VIIb SMP Negeri 1 Ranoyapo yang berjumlah 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan tes. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1)Pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksemplum terdiri dari tiga tahapan utama, pra menulis, saat menulis, dan pasca menulis yang menekankan pentingnya keterlibatan siswa. Terciptanya proses pembelajaran menulis teks eksempulum dengan baik berdampak pula secara positif pada motovasi dan keinginan siswa kelas VIIb SMP Negeri 1 Modoinding mengikuti pembelajaran. Kemampuan siswa kelas VIIb SMP Negeri 1 Mododinding menulis teks eksemplum secara klasikal adalah 80.34%. Jika nilai rata-rata klasikal siswa ini dimasukkan pada rentang penilaian yang digunakan maka nilai rata-rata siswa ini berada pada rentang 80 – 89% atau berada pada ketegori mampu. Oleh karena itu, siswa kelas VIIb SMP Negeri 1 Modoinding mampu menulis teks eksemplum.

Full Text:

PDF

References


Mahsun, M.S. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Merpati, M.G., Djojosuroto, K., dan Wengkang, T.I. 2013. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tamako. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 1, No 3 (2013) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Mulyadi, dkk. 2017. Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP-Mts Kelas VIII. Bandung: Yrama Widya.

Posumah, Y. Ratu, D.M., Meruntu, O.S. 2021. Penerapan Teknik Identitas Korporat dalam Pembelajaran Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 04 Kawangkoan. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, BAHTRA. Vol. 2 N0. 1 (2021). Ejournal. Unima.ac.id.

Rawis, J.E., Senduk, M.T., Torar, S.D. 2021. Kemampuan Memahami Struktur Teks Eksposisi Siswa Kelas IX SMA. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, BAHTRA. Vol. 2 N0. 1 (2021). Ejournal. Unima.ac.id.

Sarenusa, J., Monoarfa S., dan Meruntu, O.S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi. Vol 3, No 2 (2015) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3630

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3630.g1696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.