Meningkatkan Kemampuan Siswa SMP Menulis Teks Tanggapan Kritis dengan Strategi Writer’s Workshop

Thelma I. Wengkang, Oldie S. Meruntu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kawangkoan melalui strategi Writers Workshop. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Implementasi strategi writer workshop untuk mengatasi permasalahan guru dan siswa dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan, yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi tindakan yang dilaksanakan selama dua siklus. Seting penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Kawangkoan, yang terletak di desa Kanonang 3, kecamatan Kawangkoan, kabupaten Minahasa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk mendapat data proses dan respon siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Teknik kuantitatif digunakan untuk mengolah data kemampuan siswa menulis teks tanggapan kritis, dengan rumus hitung persentase dan rerata. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan strategi writers workshop, meliputi pembelajaran mini, menulis bebas, dan berbagi tulisan menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif, aktif, dan menyenangkan bagi siswa, karena dapat mendorong dan merangsang siswa menampilkan gagasan secara bebas dalam menulis teks tanggapan deskriptif. Kemampuan siswa menulis teks tanggapan deskriptif pada siklus I, nilai rata-rata secara klasikal adalah 78.23% melampaui KKM, yakni 77. Pada siklus II, nilai rata-rata kemampuan siswa menulis teks tanggapan deskriptif adalah 84,47. Keberhasilan secara individual dari siklus I ke siklus II mencapai 100%, sedangkan secara klasikal mengalami peningkatan secara signifikan yakni 4,24.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2004. Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Diretktorat Sekolah Menengah.

Johnson, L.A.2008. Pengajaran yang Kreatif, Menarik. (Terjemahan Dani Dharyani). Jakarta: PT Indeks.

Kemendikbud, 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Lukman. 2004. Peningkatan Pembelajaran Menulis Wacana Ekspositori melalui Strategi Writers Workshop Siswa Kelas II SMP Negeri 2 Mawasangka. Malang: UN.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurhadi. 2002. Pengajaran Keterampilan Menulis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Musaljon, Rafli, Z., & Attas, S.G. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Workshop dan Kolaborasi (Penelitian Tindakan di Program Studi PBSI STKIP Muhammadiyah Bogor. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index. Edisi Oktober 2019.

Posumah, Y., Ratu, D.M. dan Meruntu, O.S. 2021. Penerapan Teknik Identitas Koroporat dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Struktur Teks Eksposisi pada siswa SMP. Jurnal BAHTRA Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2 , No 1, Tahun 2021 Juni. Ejournal.unima.ac.id/index.php/bahtra.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3629

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i2.3629.g1695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.