Pemakaian Bahasa Tontemboan Masyarakat Desa Mariri Baru Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Monggondow

Meyrofky V. Pesik, Nikolas Pesik, Wimsje R. Palar

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan pemakaian bahasa Tontemboan Masyarakat desa Mariri Baru Kecamatan Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang merupakan prosedur penelitian dengan kajian data deskriptif berupa tuturan lisan dalam peristiwa komunikasi. Untuk mendapatkan data peneliti melibatkan informan berjumlah 25 orang yang terdiri dari 15 orang pemuda dan 10 orang dewasa. Situasi pemakaian bahasa yang terkumpul dianalisis jumlah yang ditemukan dalam situasi pemakaian bahasa yang dilakukan informan kemudian dilanjutkan dengan analisis presentase. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pemakaian bahasa Tontemboan di desa Mariri Baru Kecamatan Poigar sudah sangat rendah terutama di kalangan pemuda dan anak-anak. Khusus kalangan pemuda, mereka menggunakan bahasa Tontemboan saat berkomunikasi dengan oran tua di rumah. Kalangan anak-anak sama sekali tidak lagi menggunakan bahasa Tontemboan, tetapi menggunakan bahasa Melayu Manado. Sementara di kalangan orang tua ternyata masih mempertahankan penggunaaan bahasa Tontemboan, seperti komunikasi antar suami istri, maupun komunikasi dengan sesama orang tua lainnya

Full Text:

PDF

References


Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Sastra Hudaya.

Mandang F.H. 2020. Frase Nominal dalam Kalimat Berbentuk Susun Balik pada Bahasa Tontemboan. E-Journal Bahtra, Volume 1, Nomo1 1, Juni (2020). E-journal.unima.ac.id. E-Journal Bahtra, Volume 1, Nomo1 1, Juni (2020). E-journal.unima.ac.id. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, FBS Unima.

Meruntu, O.S. 2010. Struktur Klausa Bahasa Tontemboan. Jurnal BAHTRA, Volume 2, Januari 2010. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, FBS Unima.

Pesik, N. 1983. Kesejajaran afiks /ma-/ bahasa Tontemboan dengan Afiks /me-/ bahasa Indonesia, Tesis

Pongantung O., Palar, W.R., & Meruntu O.S. 2020. Sufiks Bahasa Tontemboan dan Kontribusinya bagi Pembelajaran Bahasa Daerah di Sekolah. E-Journal Bahtra, Volume 1, Nomo1 1, Juni (2020). E-journal.unima.ac.id. E-Journal Bahtra, Volume 1, Nomo1 1, Juni (2020). E-journal.unima.ac.id. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, FBS Unima.

Ratu, D.M., Meruntu, O.S., & Palar. 2018. Pracmatik Implicatue of Manado Malay Speaker’s Question. Prseding Atlantis. Volume (226). Atlantis Press. http://creativecommons.org/licences/by-nc/4.0).

Rattu A.B.G, 1966. Tindjauan mengenai Afiks bahasa Tontemboan, Skripsi

Sudaryanto.1988. Metode Linguistik Bagian Pertama.Yogyakarta; Gadjah Mada University Press.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2791

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2791.g1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.