Kemampuan Memahami Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tondano

Farha Hakim, Thelma I. M. Wengkang, Theresye Wantania

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan memahami teks deskripsi khususnya kemampuan menentukan struktur teksnya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIIc yang berjumlah 20 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus perhitungan rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai rata-rata klasikal kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano memahami teks deskripsi khususnya menentukan struktur teksnya adalah 81,60. Nilai rata-rata siswa ini melampaui ketuntasan minimal yakni 75. Nilai rata-rata klasikal yang diperoleh siswa  sebesar 81,60 berada pada kategori mampu. Dengan demikian siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondano mampu memahami isi teks deskripsi, khususnya menentukan struktur teksnya. Siswa yang mencapai ketuntasan 19 orang (95%), sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan hanya 1 orang (5%), karena hanya memperoleh nilai 74.

Full Text:

PDF

References


Burn, 1996. Teaching Reading in Today’s Elementary Schools. Boston. Hougthon Mifflin Company.

Depdikbud. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Puskur.

Mahsun, M.S. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. PT Raja Grafindo: Persada.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Momongan, Kevin Y.R., Paath, Ruth C., & Meruntu, Oldie S. 2015. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran  Think Pair Shareâ (TPS) Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi Vol 3, No 2 (2015): Bahasa Indonesia

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2785

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2785.g1536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.