Kemampuan Memproduksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK

Eunike Poli, Thomas Martin Senduk, Thelma I. M. Wengkang

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan memproduksi struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi oleh peserta didik kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran A SMK Negeri 1 Amurang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran A SMK Negeri 1 Amurang yang berjumlah 20 siswa. Untuk mengumpulkan data maka digunakan teknik, dan teknik yang digunakan ialah wawancara tidak terstruktur dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran A SMK Negeri 1 Amurang masuk dalam kategori baik atau mampu dalam memproduksi teks eksplanasi dengan nilai rata-rata 80,50%. Di mana siswa yang berada pada rentang 81%-100% yang dikategorikan sangat baik ada 4 siswa. Dan pada rentang 61%-80% yang dikategorikan baik ada 16 siswa, kemudian siswa yang berada pada rentang 41%-60% yang dikategorikan cukup baik tidak ada, pada rentang 21%-40% yang dikategorikan kurang baik tidak ada, dan pada kategori sangat tidak baik yaitu rentang 0%-20% tidak ada.


Full Text:

PDF

References


Abbas , Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar.Jakarta: Departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pedidikan tinggi dirktorarat ketenagaan

Kumenap, Yusuf. E., Pelealu, Femmy T., & Paath, Ruth C, 2014. Kemampuan Menulis Paragraf Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano Jurnal Fakultas Bahasa Dan Seni – Kompetensi Vol 2, No 3 (2014): Bahasa Indonesia http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/3028

Momongan, Kevin Y.R., Paath, Ruth C., & Meruntu, Oldie S, 2015. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran  Think Pair Shareâ (TPS) Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi Vol 3, No 2 (2015): Bahasa Indonesia http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/8334

Sasongke, Sri Oktaviani., Mandang, Ferry H., & Palar, Wimsje R, 2015. Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Beo Dalam Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi Vol 3, No 1 (2015): Bahasa Indonesia http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/7212

Tebo, Anjelina., Djojosuroto, Kinajati., & Kamagi, Luisya, 2014. Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran  Mind Mappingâ Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Biaro. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi Vol 2, No 4 (2014): Bahasa Indonesia http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/5182

Wirartha. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2784

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v2i1.2784.g1535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.