Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembentuk Iklan dalam Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano

Jenswita Indah Wuisang, Thelma I. W. Wengkang, Intama Jemmy Polii

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan tes. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 15 orang. Untuk menganalisis data teknik yang digunakan ialah menggabungkan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Rumus yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif adalah persentase dengan rumus sebagai berikut: % = n/N x 100. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur pembentuk iklan yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, dan umpan balik, dalam media audio visual yaitu berupa contoh iklan video yang berjudul “Cara Mencegah Virus Corona”, sangat berperan aktif dan terlibat langsung saat mengerjakan soal dan dengan hasil yang memuaskan serta memberi suasana baru dalam pembelajaran lewat media audio visual yang dipakai sebagai sarana penyampaian materi sehingga pembelajaran ini dapat dikatakan berdampak positif dan menarik minat siswa. Dari hasil tes, nilai rata-rata klasikal yang diperoleh siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur pembentuk iklan adalah 92,8. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Tondano berada pada kategori sangat mampu.

Full Text:

PDF

References


Ali. Muhammad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs. Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurbiana Dhieni, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rudi Susilana, Cepi Riyana. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v1i2.2537

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v1i2.2537.g1461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.