Pembelajaran Memahami Struktur Teks Prosedur Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Essang

Gustiadi Saia, Ferry Mandang, Ruth C. Paath

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan menggambarkan (1) proses pembelajaran memahami struktur teks  prosedur  melalui model Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Essangdan (2) kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Essang memahami struktur teks  prosedur dengan model Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Sumber data adalah siswa kelas VIIIa SMP Negeri 1 Essang yang berjumlah 21 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan proses pembelajaran memamahi teks prosedur dengan model TGT yang berlangsung dan rumus hitung persentase untuk menghitung kemampuan siswa memahi teks prosedur.   Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pembelajaran memahami struktur teks prosedur dengan model TGT menciptakan suasana kelas menyenagkan, membuat siswa bekerja sama secara aktif, saling berbagi, dan saling bertukar pendapat, sehingga  tidak membosankan. (2)  Terlaksananya pembelajaran  dengan model TGT dengan baik memberi efek yang positif terhadap kemampuan siswa memahami struktur teks prosedur. Nilai  rata-rata  klasikal yang diperoleh siswa kelas VIII SMP  Negeri 1 Essang adalah 84.52 dengan kualifikasi  mampu dan melampaui ketuntasan minimal, yang ditetapkan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia, yakni 75. Dari 21 siswa yang mengikuti tes, 20 orang siswa  (95.30%) memperoleh nilai ketuntasan, karena memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan hanya 1 orang siswa (4.70%) harus mengikuti remedial, karena belum tuntas atau  belum mencapai nilai 75 sebagai kriteria ketuntasan minimal.


Kata Kunci: Kemampuan, Struktur Teks Prosedur, Model TGT


Full Text:

PDF

References


Burns, 1996. Teaching Reading in Today’s Elementary Schools. Boston. Hougthon Mifflin Company.

Depdikbud. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Puskur. Kurniasari (https;//rizardian.blogspot.com/2012/11/).

Johnson, L.A.2008. Pengajaran yang Kreatif, Menarik. (Terjemahan Dani Dharyani). Jakarta: PT Indeks.

Mahsun, M.S. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. PT Raja Grafindo: Persada

Momongan, K., Paath, R., & Meruntu, O. 2015. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pebelajaran Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas Xc SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi, Vo 3, No. 2 (2015): BahasaIndonesia. http://id.portalgaruda.org/?refl=author&mod=profile&id=476808.

Mundung, S., Pelelalu, & Meruntu. 2014. Penerapan Model Kooperatif Concept Sentences dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ranoyapo. . Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni – Kompetensi, Vo 3, No. 2 (2015): BahasaIndonesia. http://scholar.google.co.id/citations?user/?Ffl=AAAAA&hl=id.

Syafi’ie. 1993. Pengajaran Keterampilan Membaca. Malang : Universitas Negeri Malang.

Wiratin. 2004. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Bertanya Siswa Kelas II SMP 9 Banjarbaru. Malang: UM.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v1i1.2190

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v1i1.2190.g1365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.