Kemampuan Membedakan Kalimat Majemuk Setara dan Kalimat Majemuk Bertingkat Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xc SMA Negeri 7 Manado

Megalita Smarty Mandang

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membedakan kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat bahasa Indonesia siswa kelas Xc SMA Negeri 7 Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah metode yang memusatkan diri pada masalah-masalah yang aktual.  Data yang  dikumpulkan mula-mula disusun,  diperiksa kemudian dianalisis.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes, sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah menggunakan data tabel persentase dengan mengacu pada rumus yang dikemukakan Ali. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xc SMA Negeri 7 Manado yang berjumlah 40 orang siswa. Data kemampuan siswa diperoleh dengan cara memberi tes berupa 20 buah kalimat yang diacak, terdiri dari 10 buah kalimat majemuk setara dan 10 buah kalimat majemuk bertingkat, serta tes menyusun kalimat majemuk setara maupun kalimat majemuk bertingkat dengan kata- kata  yang  tersedia  masing-masing  sebanyak  10  buah.  Jadi  seluruhnya berjumlah  40  buah kalimat dengan bobot 2,5. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa kemampuan membedakan kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat bahasa Indonesia siswa kelas Xc SMA Negeri 7 Manado adalah 70,15% yang berada pada rentang nilai 70% - 79% dengan kategori cukup.


Kata Kunci:    Kemampuan Membedakan, Majemuk Setara, Majemuk Bertingkat, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhamad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Alwi, H. dkk. 1996. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Akhaidah. 1984. Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdurrahmat, H. 2006. Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 1993. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Barata Karya Aksara.

Keraf, Gorys. 1987. Tata Bahasa Indonesia. Nusa Indah: Ende Flores.

Putrayasa, Ida Bagus. 2006. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Bandung: PT Refika

Aditama. Putrayasa, Ida Bagus. 2009. Jenis Kalimat Dalam Bahasa Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.

Putrayasa, Ida Bagus. 2006. Analisis Kalimat. Bandung: PT Refika. Ramlan, M. 2015. Sintaksis. Yogyakarta: UP. Karyano.

Surakhmad. 1987. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode dan Teknik. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabet. Sugondo. 1999. Berbahasa Indonesia Dengan Benar. Jakarta: PT. Surabaya. Tarigan, H.G. 1984. Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.

Winataputra, S. dkk. 1996/1997. Belajar dan Pembelajaran Depdikbud PDM Proyek Penataran Guru Setara D-III.




DOI: https://doi.org/10.36412/jb.v1i1.2187

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jb.v1i1.2187.g1363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.