Akuntabilitas Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Kantor Kementerian Agama Kota Manado

Nona Sandra Polihu(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Akuntabilitas Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Kantor Kementerian Agama Kota Manado. Fokus Penelitian terkait dengan Kinerja Aparatur Sipil Negara dan Pengawasan Internal dilingkungan Kementerian Agama Kota Manado, Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dari Penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa : Masih belum terlalu dipahaminya landasan ukuran ataupun aturan yang dipakai untuk ASN dalam menjalankan tugas dan fungsinya dan adanya Pegawai ASN yang masih lambat dalam menjalankan TUPOKSInya. ASN yang ada masih kurang menjalankan target kerja secara maksimal sehingga hasil kerja belum bisa dicapai karena adanya tindakan pelanggaran oleh ASN bahkan mengabaikan prosuder ataupun TUPOKSI yang telah diberikan kepada ASN.

Kata Kunci : Akuntabilitas Kinerja, Pengawasan.


References


N. Levine, "Buku Pelajaran Parasitologi Veteriner," Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1990.

Jauhar & Muhammad, "Implementasi PAIKEM dari BEHAVIORISTIK sampai KONTRUKTIVISTIK," Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser, 2011.

Lembaga Administrasi Negara dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, 2000. Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, LAN & BPKP, Jakarta

J. Mantiri, C. Siwi, and M. Korompis, “The Implementation of Micro Business Development in the Department of Cooperative and SMEs of Minahasa

Regency,” 2019.

M. Albrow, Bureaucracy, "Universitas College"Cardiff, alih bahasa Rusli Karim dan Totok Daryanto, Tiara wacana, Yogyakarta, 2003.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2016 Tentang Pengawasan Internal Pada Kementerian Agama

S. Siagian, "Manajemen Sumber Daya Manusia," Inter Aksara, Batam, 1998.

Kementrian Agama Republik Indonesia. 2017.

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 519 times
PDF Download : 198 times

DOI: 10.36412/jan.v2i2.2513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.