PENGELOLAAN APBDES DI DESA TAMBALA KECAMATAN TOMBARIRI KABUPATEN MINAHASA

Marthinus M Mandagi(1), Sisca B Kairupan(2), Mariam Wullur(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Secara umum tahapan pelaksanaan Program Pengelolahan APBDes di Desa Tambala Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa dalam pengeloaan APBDes belum sepenuhnya berjalan dengan baik dimana pengelolaan APBDes / keuangan desa masih belum sesuai dengan anggaran yang ada. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptifKualitatif. Fokus dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana proses pengelolahan APBDes, Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Tambala Kecamatan tombariri Kabupaten minahasa. Lokasi yang diambil dalam penelitian adalah di Desa Tambala Kecamatan tombariri Kabupaten minahasa. Pengambilan sampel untuk data penelitian kualititaf dilakukan secara purposive dan untuk informasi berikutnya ditentukan dengan Teknik snow ball sampling. Untuk memperoleh data yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti, maka dilakukan dengan cara: Wawancara, Studi Dokumentasi/literature. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam model analisa data terdiri atas tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kata kunci: APBDes, Pengelolaan, Kecamatan Tombariri

References


Undang – Undang No.6 Tahun 2004 Tentang Desa

PP 22 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas PP 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa Yang Bersumber dari APBN

Peraturan Pemerintah No 43 /2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.6/2014

Mardiasmo. 2004. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogjakarta: Andi Offset. Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan PelayananPrima dan Kepemerintahan yang Baik). Bandung: Rafiko Aditama. Soejono, dan Abdurrahman. 1999.

Usman, Husaini dan Purnomo, Setiady. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara. Waluyo. 2007. Manajemen Publik (Konsep, Aplikasi, dan Implementasinya dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah). Bandung: CV. Mandar Maju.

Creswell, John .W. (2009). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Akuntabilitas dan Good Governance, Modul 1-5, Modul Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), LAN BPKP RI. Jakarta.

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumpeno, Wahjudin. 2011. Perencanaan Desa Terpadu. Banda Aceh: Read.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945)

Permendagri No 37 tahun 2007

Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2006

LAN & BPKP. 2000. Akuntabilitas dan Good Governance. Jakarta: Lembaga. Administrasi Negara.


Full Text: PDF Untitled

Article Metrics

Abstract View : 113 times
PDF Download : 31 times Untitled Download : 0 times

DOI: 10.36412/jan.v2i1.2004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.