Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja PNS Di Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan

Liny Lakoy(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memusatkan pada PNS Di Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan dan Kompensasi yang diterima Oleh setiap PNS berhubungan dengan jabatan dan bidang kerja PNS sehingga kompensasi yang diterima akan berbeda. Kemampuan kerja pegawai yang belum memadai, semangat kerja yang belum maksimal, masi ada pegawai yang cenderung datang untuk finger pagi dan pulang kerumah atau keluar kembaili saat jam kantor dan datang kembali ke kantor saat finger pulang, seingkali meninggalkan pekerjaannya, sehingga isu yang berkembang di masyarakat bahwa PNS di Sekretariat Daerah kabupaten Minahasa Selatan belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap Kinerja PNS di Sekretariat Kabupaten Minahasa Selatan baik secara simultan maupun secara persial. Metode yang digunakan dalatn penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. "Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, atau data kualitatif yang diangkakan. Penelitian ini menunjukkan ternyata kompensasi dan motivasi kerja merupakan faktor yang penting dalam upaya peningkatan kinerja pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan. Dimana apabila kompensasi yang diberikan tidak sesuai dengan tanggung jawab pegawai dalam melaksanakan pekerjaan pastinya akan berdampak pada kinerja pegawai. Kompensasi yang tidak sesuai akan menurunkan motivasi kerja para pegawai. Berdasarkan hasil penelitian ini maka di tarik kesimpulan, Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan, Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan, Kompensasi dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan, Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan adalah kompensasi. Kata Kunci: Kompensasi, Motivasi Kerja, Kinerja PNS.

References


Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Sugiono, 2007. Statistik untuk penelitian. CV Alfabeta. Bandung.

Handoko, T. Hani. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : Salemba Empat

Kiswanto, Y dan Saryanto, S. 2004. Pengaruh Suhu Lama Penyimpanan Air Kelapa Terhadap Produksi Nata De Coco. Intitusi Pertanian INTAN Yogyakarta.

Girsang, L. J. 2011. Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Perbaikan Prasarana Jalan [Skripsi]. Fakultas Ekologi Manusia, IPB, Bogor.

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

S. Kairupan, J. Mantiri, M. Mandagi, and R. Sendouw, “Ethics of Public Services in the Department of Investment and OneStop Integrated Services of Manado City,” 2019.

A. Dilapanga, J. Mantiri, and C. Mongi, “Evaluation of the Management of Population Administration Information System at the Department of Population and Civil Registration of Tomohon City,” 2019.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 245 times
PDF Download : 82 times

DOI: 10.36412/jan.v2i1.1995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.