Iklim Kerja Organisasi (Studi pada Dinas Sosial Kabupaten Minahasa)

Abdul Rahman Dilapanga(1),


(1) FIS UNIMA
Corresponding Author

Abstract


Abstrak— Adapun tujuan penelitian ini dibagi atas tujuan umum dan tujuan khusus sebagai berikut : (1) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang iklim kerja organisasi pada Dinas Sosial Kabupaten Minahasa, (2) Mendeskripsikan dan mengalisis tentang faktorfaktor yang mempengaruhi iklim kerja organisasi Dinas Sosial Kabupaten Minahasa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertempat di Dinas Sosial Kabupaten Minahasa dan menghasilkan bahwa kualitas kehidupan kerja dan iklim organisasi di Dinas Sosial Kabupaten Minahasa menjadi sangat penting karena hal tersebut berhubungan dengan hasil akhir positif organisasional yang lain dan Yang memperaruhi factor iklim kerja di Dinas Sosial Kabupaten Minahasa adalah sebagai berikut Manajer/pimpinan, Tingkah laku karyawan, laku kelompok kerja, Faktor eksternal organisasi

Kata kunci: Iklim Kerja, Organisasi, Dinas Sosial


References


Dhar, R. L. (2008). Quality of work life: A study of municipal corporation bus drivers. The Journal of International Social Research, 1(5), 251-273.

Dessler, G. (1992). Manajemen personalia teknik dan konsep modern (Penterjemah: Agus Dharma). Jakarta: Erlangga.

Idrus, M. (2006). Implikasi organisasi terhadap kepuasan kerja dan kualitas kehidupa kerja karyawan. Jurnal Psikologi Universitas Diponogoro, 3(1), 94-106.

Riady, H. (2009). Meningkatkan komitmen karyawan atas organisasi melalui pengelolaan “quality of work life”. Journal of Human Capital, 1(2), 119-13.

Riggio, R. E. (1990). Introduction to industrial/organizational psychology. New Jersey: Prentice Hall, inc

Sudarnoto, L. F. N. (2001). Faktor-faktor pendukung kualita skehidupan kerja. Disertasi (Tidakditerbitkan). Yogyakarta: Program Psikologi Universitas Gadjah Mada.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 321 times
PDF Download : 76 times

DOI: 10.36412/jan.v1i2.1642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.