Implementasi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Jalan Kawasan Ekonomi Khusus Kota Bitung

G. H. Tumbel(1), Jetty H. Mokat(2), Ratni Yunansi Podoni(3),


(1) FIS UNIMA
(2) FIS UNIMA
(3) FIS UNIMA
Corresponding Author

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana Implementasi Pembangunan Infrastruktur Jalan Kawasan Ekonomi Khusus Kota Bitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dengan wawancara terstruktur yaitu di kantor Administrator Kawasan Ekonomi Khusus Kota Bitung dan masyarakat kec.Matuari. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa 1) aturan terkait pembangunan KEK bitung tidak efektif karena diberhentikan sementara disebabkan masyarakat setempat yang menolak pembangunan dilanjutkan mengakibatkan pembangunan lanjutan jalan kawasan tidak terlaksana, 2) tidak terlaksananya pembangunan lanjutan dikarenakan tidak ada kepastian kepemilikan lahan yang mengakibatkan
pembangunan tersebut diberhetikan sementara. Sedangkan dalam UU No. 2 39 tahun 2009 dijelaskan bahwa Pembangunan kawasna ekonomi khusus difasilitasi dengan 3 fasilitas yaitu Kantor Administrator, Jalan Poros kawasan, dan perumahan pekerja sejalan dengan PP No. 32 tahun 2014 tentang kawaan ekonomi khusus kota bitung yang mengatur tentang dena dan masterplan pembangunan kawasan ekonomi khusus. faktor-faktor determinan penyebab aturan tersebut tidak berjalan efektif yaitu 1) tidak adanya Sosialisasis secara langsung dalam hal ini Komunikasi, 2) Kondisi linkungan sosial, ekonomi dan politik, 3) pebiayaan program dan kegiatan dan 4) Partisipasi masyarakat. Dan yang menjadi saran adalah perlu adanya kepastian kepemilikan lahan dengan diadakan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat  mengenai maksud dan tujuan KEK agar mempermudah masyarakat memahami agar masyarakat bisa berpartisipasi. 


Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Kawasan, Infrastrutur Jalan


References


Sugiyono, Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif dan R&D. 2008.

G. C. Edward III, “Public Policy Implementing,” Literary and Linguistic Computing. 1984.

D. S. Van Meter and C. E. Van Horn, “The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework,” Adm. Soc., 1975.

A. Gilbert, “Merilee S. Grindle (ed.): Politics and Policy Implementation in the Third World (Princeton: Princeton University Press, 1980, £11.00 cloth, £4.45 paper). Pp. xv + 310.,” J. Lat. Am. Stud., 1983.

Undang Nomor 39 Tahun 2009 tentang Kawasan Ekonomi Khusus.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Kota Bitung.

Sekretariat Dewan Nasional KEK. "Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus" KEK. 2018

AABot. "Kawasan Ekonomi Khusus" Wikipedia. 2019.


Article Metrics

Abstract View : 371 times


DOI: 10.36412/jan.v1i2.1638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.