Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum dalam Penyediaan Air Bersih di Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara

Sisca B. Kairupan(1), Jetty E.H Mokat(2), Kredo Mantik Pakasi(3),


(1) FIS UNIMA
(2) FIS UNIMA
(3) FIS UNIMA
Corresponding Author

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui netralitas aparatur sipil negara (ASN) pada pemilihan kepala dan wakil kepala daerah di Kabupaten Minahasa Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data adalah: masyarakat, tenaga harian lepas dan ASN. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pelanggaran netralitas ASN dalam kegiatan politik praktis berupa : 1). Keterlibatan ASN dalam kampanye 2). Sikap mendukung salah satu calon secara terang-terangan maupun sembunyisembunyi baik sebelum, sesudah dan selama masa kampanye 3). Adanya aktifitas ASN berpihak pada pasangan calon berupa himbauan, ajakan dan seruan dalam lingkungan kerja, tempat tinggal dan keluarga. Hal ini menunjukan bahwa tujuan dari PP 53 tahun 2010 pasal 4 angka 15 a.larangan
mengikuti kegiatan kampanye b. larangan menggunakan fasilitas negara c. larangan mengambil keputusan untuk mendukung atau merugikan pasangan calon. d. larangan melakukan hal keberpihakan dapat berupa seruan, ajakan, himbauan dan pemberian barang, belum sepenuhnya dilaksanakan. Faktor penghambatan terhadap netralitas ASN dapat dilihat dari segi hirarki kepemimpinan, kelembagaan, keinginan pribadi, serta faktor kesadaran masyarakat. disarankan sebaiknya: Perlu adanya penegasan sanksi bagi ASN yang melanggar.

Kata kunci: Netralitas Aparatur Sipil Negara, Pemilukada Kabupaten Minahasa 2018


References


Antar, Venus, 2004. Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatan Media.

Kadarisman, 2018, Manajemen Aparatur Sipil Negara. Depok :Rajawali Pers

Thoha, Mifta, 2017. Dinamika Dalam Administrasi Publik. Depok : Rajawali Perss

Peraturan pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin pegawai negara sipil

Undang-Undang 1945

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Badan Pusat Statistik Minahasa, 2016. Jumlah ASN di Kabupaten


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 205 times
PDF Download : 55 times

DOI: 10.36412/jan.v1i2.1636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.