2024-03-29T09:31:24Z
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/oai
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1777
2020-04-02T10:55:41Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1195
2021-03-13T01:22:34Z
jellt:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1772
2020-04-02T10:27:38Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2319
2020-12-02T09:29:53Z
administro:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/751
2018-11-13T13:07:12Z
efrontiers:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2057
2020-08-13T02:22:08Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/488
2018-07-12T13:26:38Z
jce:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1761
2020-04-29T09:42:27Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2641
2021-06-09T15:28:55Z
jellt:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1768
2020-04-02T10:50:35Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2393
2021-01-26T12:59:32Z
jellt:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1640
2020-02-24T22:57:49Z
administro:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2064
2020-10-03T12:29:14Z
bioedusains:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/607
2018-08-25T10:05:15Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2053
2020-08-13T02:22:08Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2553
2022-06-23T16:35:15Z
jce:Vol.+4+No.+2
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1778
2020-04-02T10:55:41Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1836
2021-03-14T08:03:18Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1773
2020-04-02T10:27:38Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2321
2020-12-02T09:29:53Z
administro:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/714
2019-02-19T05:33:00Z
kompetensi:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2058
2020-08-13T02:22:08Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/251
2018-07-17T05:34:28Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1985
2020-06-30T04:13:27Z
jemtec:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1769
2020-04-02T10:50:35Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2440
2021-01-27T04:43:13Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1700
2020-03-10T04:59:25Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2076
2020-10-03T12:29:14Z
bioedusains:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/462
2018-08-29T06:43:07Z
kompetensi:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2054
2020-08-13T02:22:08Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3660
2022-11-30T01:50:09Z
jss:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1779
2020-04-02T10:55:41Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/684
2021-03-14T08:04:15Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1774
2020-04-02T10:27:38Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2329
2020-12-08T12:17:44Z
edupreneur:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/868
2019-04-04T14:43:13Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2059
2020-08-13T02:22:08Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/415
2018-08-07T06:46:02Z
kompetensi:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2050
2020-08-13T02:22:07Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1770
2020-04-02T10:50:35Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1683
2021-02-28T01:55:07Z
jellt:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1764
2020-04-02T10:27:38Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1794
2020-10-26T05:45:49Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/268
2018-08-30T07:11:33Z
kompetensi:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2055
2020-08-13T02:22:08Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3661
2022-11-30T01:50:10Z
jss:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1780
2020-04-02T10:55:41Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/870
2021-03-14T08:06:07Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1775
2020-04-02T10:27:38Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2334
2020-12-08T12:23:16Z
edupreneur:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2140
2020-09-01T11:12:36Z
efrontiers:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/681
2018-08-25T09:59:45Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2051
2020-08-13T02:22:08Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1776
2020-04-02T10:55:41Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2507
2021-02-28T01:56:13Z
jellt:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1771
2020-04-02T10:27:38Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/736
2018-09-20T15:47:49Z
jellt:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2056
2020-08-13T02:22:08Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3751
2023-08-09T13:52:41Z
jss:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1788
2020-04-02T12:04:22Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2632
2021-06-09T15:28:55Z
jellt:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1767
2020-04-02T10:49:56Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2369
2021-01-05T08:57:56Z
jce:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/818
2019-05-07T04:34:59Z
kompetensi:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/682
2018-08-25T09:59:45Z
e2j:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2052
2020-08-13T02:22:08Z
dilan:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/876
2022-06-23T16:31:44Z
jce:ART
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/586
2019-05-26T06:18:14Z
abdimas:ART
PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN TEKNIK PENULISAN ILMIAH PADA GURU SMP NEGERI 3 TONDANO KABUPATEN MINAHASA
Pontoh, Mercheane V M
Pelatihan Metodologi PTK, Teknik Penulisan Ilmiah; Guru SMP Negeri 3 Tondano
Guru adalah ujung tombak pelaksana kegiatan pendidikan di sekolah. Keberhasilan dalam kegiatan pendidikan sangat ditentukan oleh keberhasilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran antara lain dapat dilakukan dengan melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas secara berkelanjutan oleh para guru di sekolah. Oleh sebab itu kepada para guru di SMP Negeri 3 Tondano dianggap penting untuk mendapatkan pelatihan tentang metodologi PTK dan teknik penulisan ilmiah sehingga setelah selesai melaksanakan PTK langsung dapat diikuti dengan pelaporannya. Kegiatan pelatihan tersebut telah dilaksanakan pada bulan April 2016. Hasil kegiatan pelatihan tersebut yaitu telah terjadi peningkatan pengetahuan tentang metodologi penelitian tindakan kelas dan keterampilan dalam penulisan laporan hasil penelitian. Peningkatan pengetahuan tersebut ikut meningkatkan kesadaran dan motivasi untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran dan mengevaluasi hasilnya melalui kegiatan reflektif yang menjadi salah satu komponen dalam PTK. Oleh sebab itu ke depan diharapkan kegiatan pelatihan sejenis dapat terus dilaksanakan.
LPPM UNIMA
2018-07-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/586
10.36412/abdimas.v9i01.586
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 9, No 01 (2016): JUNI 2016
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v9i01
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/586/537
10.36412/abdimas.v9i01.586.g537
Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3348
2022-05-03T16:13:55Z
abdimas:ART
MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN PEMBUATAN PRODUK OLAHAN DARI POHON ENAU DI DESA KEROIT KECAMATAN MOTOLING BARAT KABUPATEN MINAHASA SELATAN
Tambingon, Henny N
Wirausaha; air nira; gula merah; kolang kaling Desa Keroit.
Gula Aren atau dikenal dengan sebutan gula merah yang dihasilkan dari pengolahan air nira pohon sangat membantu dalam menambah penghasilan masyarakat. Selama ini industri gula merah masih dijadikan usaha sampingan terutama oleh masyarakat desa. Desa Keroit merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Motoling Barat, Kabupaten Minahasa Selatan. Keroit sebagai desa sentra penghasil gula aren (sebutan bahasa lokal gula merah atau gula batu) yang dikenal bersih, tidak ada campuran bahan lainnya. Gula merah asal Keroit dikenal sebagai gula merah yang benar-benar murni dari air nira. Gula Keroit sangat disukai teristimewa untuk membuat kopi atau teh manis. Seiring dengan besarnya permintaan gula merah, baik di Kota Amurang, Ratahan, Tomohon maupun di Kota Manado dan sekitarnya produksi gula merah asal Keroit tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar. Apalagi para pengrajin gula merah tidak rutin berproduksi. Mereka tidak berproduksi karena pasokan air nira tidak setiap hari. Bahkan sudah banyak pengrajin yang berhenti beroperasi, seiring dengan perubahan dan tindakan profesi warga desa. Ada yang beralih profesi menjadi tukang ojek, buruh tani harian, pekerja harian tambang ilegal, dan lain-lain. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat memecahkan masalah mitra yaitu adanya peningkatan kemampuan sumber daya manusia tentang kewirausahaan, menciptakan usaha yang menumbuhkan sumber perekonomian masyarakat. Tercipta lapangan kerja baru bagi masyarakat, Peningkatan kapasitas dan kemampuan sumberdaya anggota masyarakat menyelesaikan permasalahan yang ada, Peningkatan pengetahuan dan keterampilan kelompok dalam hal memanage usaha dan pemasaran, Terjadinya perkembangan usaha yang lebih profesional bagi pengrajin gula merah/aren dan usaha pembuatan manisan kolang kaling.
LPPM UNIMA
2022-05-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3348
10.36412/abdimas.v15i1.3348
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 15, No 1 (2022): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v15i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3348/pdf
10.36412/abdimas.v15i1.3348.g1658
Copyright (c) 2022 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1048
2019-12-04T15:42:40Z
abdimas:ART
PEMBERDAYAAN GURU-GURU MELALUI PEMBUATAN MEDIA AJAR DI PAUD PROVIDENTIA CERIA DESA BATU KECAMATAN LIKUPANG
Rorong, Ferdy
Media; Bahasa; Pembelajaran; pelatihan
Memilih media yang terbaik untuk tujuan pembelajaran bukanlah pekerjaan yang mudah. karena harus mempertimbangkan berbagai faktor, seperti model pemilihan media dan mengapa pemilihan media itu perlu. Pemilihan media perlu kita lakukan agar kita dapat menentukan media yang terbaik, tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sasaran didik. Untuk itu, pemilihan jenis media harus dilakukan dengan prosedur yang benar, karena begitu banyak jenis media dengan berbagai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Memilih media hendaknya didasarkan atas kriteria tertentu. Secara umum, kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran adalah tujuan, sasaran didik, karakteristik media yang bersangkutan, waktu, biaya, ketersediaan, konteks penggunaan, serta mutu teknis. Ada beberapa prinsip umum yang perlu kita perhatikan dalam pemanfaatan media pembelajaran, yaitu: setiap jenis media memiliki kelebihan dan kelemahan, penggunaan beberapa macam media secara bervariasi diperlukan, penggunaan media harus dapat memperlakukan siswa secara aktif. Manfaat praktis media pembelajaran antara lain: media dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit, media juga dapat mengatasi kendala keterbatasan ruang dan waktu, serta media dapat membantu mengatasi keterbatasan indera manusia. Pembelajaran menyenangkan artinya pembelajaran yang interaktif dan atraktif, sehingga anak didik dapat memusatkan perhatian terhadap pembelajaran yang sedang dijalaninya.* Kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pelatihan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi kepada Guru-guru Kecamatan remboken telah berhasil dilaksanakan dengan baik.* Pelaksanaan pelatihan ini telah mencapai tujuan yang dilaksanakan karena semua peserta dapat menguasai dan membuat media pembelajaran yang bervariasi
LPPM UNIMA
2019-12-04
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1048
10.36412/abdimas.v12i1.1048
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 12, No 1 (2019): APRIL 2019
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v12i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1048/pdf
10.36412/abdimas.v12i1.1048.g1012
Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2150
2021-12-01T13:49:59Z
abdimas:ART
THE IMPROVEMENT OF BEPANG CAKE PRODUCTION QUALITY BY AN INDEPENDENT INSTITUTION THAT WORKS ON THE COMMUNITY (LM3)
Suoth, Grace. F. E.
Tendean, Maxi
Bepang cake, institutional strengthening and members, improvement of the quality of production, community empowerment, independent attitude
The Community Service program entitled The Improvement of Bepang Cake Quality Production and Marketing is focused on 4 main activities, namely (1) counseling on institutional strengthening and group members as partners, (2) counseling on dialogue strategies to equalize perceptions, (3) training on management map preparation Bepang cake product development problems, and (4) training on the preparation of a roadmap for the management of problems developing Bepang cake products in order to improve product quality. These activities are aimed at (1) identifying and managing problems related to institutions and partner group members, (2) providing knowledge / insights about common perceptions strategies, in order to reach an agreement between institutional leaders and members regarding the management of institutional problems and members. , as well as improving the quality and marketing of Bepang cakes, (3) providing knowledge / insights to partners on how to manage group problems, in the form of problem management maps, and (4) roadmaps for implementing institutional and member strengthening programs, as well as quality improvement programs. and product marketing to provide clear directions for program implementation, carry out assistance, monitor and evaluate work processes and results. The final goal is to empower members of partner organizations / groups to resume business, improve the quality of production and marketing of Bepang cakes. Specific targets are (1) the spirit of group members' efforts to revive, (2) quality products, (3) varied flavors, (4) attractive packaging, (5) favorable prices, (6) independence and responsibility in doing business. . The method used is the lecture method, participatory method. The results are as follows: Phase I, institutional strengthening of group members (LM3) through counseling activities on management systems, training as a basis for being able to produce outputs as intellectual property rights how to seek innovations to increase the quality of Bepang cake production, including Industrial product design (draft ) so that it is feasible to sell at a higher price and how to independently break through the accessibility of marketing at the national, even global level. The second stage is evaluating the results of work in developing the processing of Cakes Bepang products that are of higher quality and accompanying the search for marketing accessibility. The 3rd stage, improving the quality of Industrial product design technology, so that it is feasible to sell at a higher price and how to independently break through better marketing accessibility at the national and global levels
LPPM UNIMA
2020-09-02
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2150
10.36412/abdimas.v13i1.2150
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 13, No 1 (2020): APRIL (2020) ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v13i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2150/1342
10.36412/abdimas.v13i1.2150.g1342
Copyright (c) 2020 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/553
2019-05-26T06:19:58Z
abdimas:ART
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM (SDA) HUTAN DI SEKITAR GUNUNG LOLOMBULAN
Palapa, Tommy M
Partisipasi masyarakat; pengelolaan SDA; Gunung Lolombulan
Pelaksaaan kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang jelas dan benar tentang pengelolaan sumber daya alam (SDA) hutan yang ada di sekiatar gunung Lolombulan. Selain itu kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan sikap dan perilaku masyarakat tentangpengelolaan SDA hutan di sekitar gunung Lolombulan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu pelatihan dan kegiatan penanaman pohon. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pemahaman praktis tentang pentingnya menjaga hutan sebagai sumber daya alam sertateknis melaksanakan penanaman kembali hutan yang telah rusak, selanjutnya pelaksanaan kegiatan penanaman kembali hutan yang telah rusak. Kegiatan yang sifatnya penjelasan diikuti oleh tokoh-tokoh masyarakat, sedangkan penanaman diikuti oleh pemuda, pelajar,mahasiswa yang berasal dari desa Raanan Baru. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pelestarian hutan yang ada di sekitar gunung Lolombulan, serta berhasilnya menanam pohon sebagai upayapenghijauan kembali sebanya 400 pohon di sekitar sumber air yang ada di gunung Lolombulan. Kesimpulan yang diperoleh adalah terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pelestarian hutan yang ada di sekitar gunung Lolombulan. Terdapat peningkatan minat dan partisipasi masyarakat dalam melestarikan hutan disekitar gunung Lolombulan.
LPPM UNIMA
2018-07-13
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/553
10.36412/abdimas.v11i1.553
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 11, No 1 (2018): APRIL 2018
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v11i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/553/504
10.36412/abdimas.v11i1.553.g504
Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3100
2021-12-01T13:47:12Z
abdimas:ART
PENYULUHAN TENTANG POLA ASUH ORANG TUA UNTUK MEWUJUDKAN ANAK CERDAS DI KAYUUWI KECAMATAN KAWANGKOAN BARAT
Saroinsong, Djoni Max Max
penyuluhan, pola asuh, anak cerdas.
Permasalahan ditengah masyarakat khususnya pada Anak Balita adalah pola asuh yang dilaksanakan orang tua tidak sesuai harapan mengakibatkan karakter yang muncul pada anak kecenderungan menjadi anak yang kurang aktif, pemalu dan kurang kreatif. Juga ditemukan, kecenderungan orang tua kurang inovatif dan kurang kreatif dalam mengasuh anak. Tujuan kegiatan ini adalah : Peserta penyuluhan memiliki pengetahuan tentang pola asuh anak yang benar. Para orang tua memahami pengetahuan tentang perkembangan anak. Para orang tua peserta penyuluhan dapat memanfaatkan sumber daya local untuk mengembangkan potensi anak. Kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi orang tua, guru-guru sekolah minggu dan tokoh-tokoh masyarakat dalam menjalankan peran mereka sebagai orang tua, dan sebagai masyarakat agar mendidik anak yang benar sesuai dengan perkembangan anak. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini : pelatihan, dan melaksanakan penyuluhan bagi orang tua yang memiliki anak usia dini di desa Kayuuwi Kecamatan Kawangkoan Barat. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Aula desa Kayuuwi yang melibatkan perangkat desa. Sesudah penyuluhan dan pelatihan menunjukkan respons yang positif bagi tokoh masyarakat dan orang tua yang memiliki anak usia dini, mereka antusias mengikuti penyuluhan pola asuh yang benar dan kegiatan ini dilengkapi dengan media berbasis lingkungan.
LPPM UNIMA
2021-12-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3100
10.36412/abdimas.v13i3.3100
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 13, No 3 (2020): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v13i3
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3100/1581
10.36412/abdimas.v13i3.3100.g1581
Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/577
2019-05-26T06:18:14Z
abdimas:ART
PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KULIT PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN TOMBATU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA
Munaiseche, Cindy P. C.
sistem pakar; expert system; diagnosa; penyakit kulit; Tombatu; Mitra
Salah satu masalah di dalam dunia medis atau kedokteran adalah adanya ketidakseimbangan antara pasien dan dokter. Keterbatasan yang dimiliki seorang ahli/expert (dalam hal ini dokter) terkadang menjadi kendala bagi masyarakat yang akan melakukan konsultasi untuk mendapatkan solusi pengobatan terbaik terkait dengan penyakit yang diderita. Selain itu, sebagian besar dari masyarakat tidak terlatih secara medis sehingga apabila mengalami gejala penyakit yang diderita belum tentu dapat memahami cara-cara penanggulangannya. Sangat disayangkan apabila gejala-gejala yang sebenarnya dapat ditangani lebih awal menjadi penyakit yang lebih serius akibat kurangnya pengetahuan. Dalam hal ini sistem pakar dihadirkan sebagai alternatif kedua dalam memecahkan permasalahan setelah seorang ahli (expert). Aplikasi sistem pakar yang disosialisasikan penggunaannya kepada masyarakat dan tenaga medis di Kecamatan Tombatu Kabupaten Mitra adalah sistem pakar untuk mendiagnosa jenis penyakit kulit pada manusia. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mendeteksi penyakit kulit sejak dini atau pada saat seseorang mulai merasakan gejala-gejala lain yang tidak seperti biasanya atau merasakan gangguan pada kulitnya maka dapat segera menggunakan aplikasi sistem pakar ini untuk mendeteksi kemungkinan timbulnya jenis penyakit kulit tertentu berdasarkan gejala yang dialaminya beserta solusi pengobatannya, tanpa harus ke dokter terlebih dahulu untuk berkonsultasi sehingga tindakan penanganan atau pencegahan dapat dilakukan sejak awal. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu: persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan hasil kegiatan. Pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dan tenaga medis dalam menggunakan teknologi komputer yang dilengkapi aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit kulit
LPPM UNIMA
2018-07-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/577
10.36412/abdimas.v9i01.577
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 9, No 01 (2016): JUNI 2016
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v9i01
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/577/528
10.36412/abdimas.v9i01.577.g528
Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3272
2022-04-28T23:28:08Z
abdimas:ART
PENGUKURAN KEBUGARAN JASMANI REMAJA DI DESA TUMBAK KECAMATAN PUSOMAEN MINAHASA TENGGARA
Ompi, Serli
kebugaran jasmani
Peningkatan kesehatan masyarakat melalui pengukuran kebugaran jasmani remaja di Desa Tumbak Kecamatan Pusomaen Minahasa Tenggara. Lokasi tempat pelaksanaan di Desa Tumbak Mitra. Jl. Raya Tumbak Kec. Pusomaen Kab. Minahasa Tenggara. Program pembelajaran pendidikan jasmani merupakan upaya yang dilakukan dalam mewujudkan manusia Indonesia secara utuh baik dari segi pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Pendidikan jasmani yang merupakan bagian integral dari pendidikan melalui aktifitas jasmani. Dengan pendidikan jasmani diharapkan peserta didik dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan,sikap dan sosial yang baik. Penyelenggaraan pendidikan jasmani yang diselenggarakan pada semua jenis sekolah telah ditentukan atas dasar kurikulum yang diberlakukan, materi dalam kurikulum yang diberlakukan saat ini memuat aktifitas-aktifitas jasmani seperti permainan, atletik, senam, renang, aktifitas luar sekolah dan pendidikan kesehatan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yang dimaksud adalah berupa tahapan atau langkah-langkah dalam melaksanakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan, yang antara lain dilakukan dengan metode pendekatan sebagai berikut; (1) Dibentuknya program pelatihan pengukuran yang tepat pada masyarakat lewat pelatihan dan pengukuran tentang tingkat kesegaran jasmani. (2) Kegiatan yang dilakukan dengan bentuk-bentuk atau program pelatihan dapat dilakukan dengan; (1) tes lari cepat 60 meter, (2) tes angkat tubuh untuk putera 60 detik, (3) tes baring duduk 60 detik, (4) tes loncat tegak, dan (5) tes lari jauh untuk putera 1.200 meter.Luaran yang dihasilkan; (1) adanya artikel hasil pengabdian yang siap dipublikasi di jurnal dan poster, (2) siap untuk dijadikan HKI, (3) diperolehnya data emperik tentang pengukuran kebugaran remaja di desa Tumbak Kecamatan Pusomaen Kabupaten Minahasa Tenggara.
LPPM UNIMA
2022-04-29
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3272
10.36412/abdimas.v14i3.3272
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 14, No 3 (2021): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v14i3
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3272/pdf
10.36412/abdimas.v14i3.3272.g1649
Copyright (c) 2022 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1039
2019-12-04T13:32:10Z
abdimas:ART
PKM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG SULAWESI UTARA
Wahani, Yenny Jeine
NOKEN; Kompetensi bahasa Jepang
Salah satu kebutuhan guru-guru bahasa Jepang yakni kebutuhan untuk terus meningkatkan kompetensi bahasa Jepang salah satunya adalah untuk dapat mengikuti NOKEN (Nihongo Nouryoku Shiken) atau JLPT (Japanese Language Proficiency Test) dalam bahasa Indonesia adalah Test Kemampuan berbahasa Jepang dan agar supaya dapat memperoleh sertifikat. NOKEN dipandang penting dikarenakan dapat menguji dan mengukur tingkat kemampuan bahasa Jepang para pengajar. Hal ini dimaksudkan agar para pengajar dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka dalam bahasa Jepang. Disamping itu menjadi bekal bagi para pengajar yang belum disertifikasi, sebagai persiapan untuk dapat mengikuti uji kompetensi guru (UKG). Selain itu sertifikat NOKEN merupakan salah satu syarat bagi para guru bahasa Jepang diseluruh Indonesia untuk dapat mengikuti program pelatihan pendidikan di Jepang yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah Jepang (MONBUKAGAKUSHO) maupun The Japan Foundation, Jakarta.Dari data angket yang dibagikan kepada guru bahasa Jepang pada MGMP Bahasa Jepang Sulawesi Utara menunjukkan bahwa guru bahasa Jepang SMA sebagian besar masih berada pada level N4. Ini berarti dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kompetensi agar pengajar bahasa Jepang dapat berada pada level N3. Masalahnya adalah (1)Guru-guru bahasa Jepang mengalami kesulitan dalam menjawab soal Dokkai/Bunpo (読解・文法) pada saat tes uji kompetensi bahasa Jepang (NOKEN). (2)Kurangnya pemahaman dan pengetahuan khususnya tentang Dokkai/Bunpo (読解・文法) pada level N3. (3)Kurangnya latihan sebagai bentuk kesiapan menghadapi tes uji kompetensi bahasa Jepang (NOKEN). (4)Sumber belajar masih menggunakan Buku. Untuk mengatasi masalah tersebut maka pada pengabdian kali ini akan dilaksanakan pelatihan NOKEN yang bertujuan untuk memberi solusi dan mengatasi masalah dan menjawab kebutuhan mitra tersebut dengan tahapan sebagai berikut: (1) pembelajaran materi NOKEN N3 (2) mengadakan kelas simulasi NOKEN (3) Penggunaan aplikasi pembelajaran multimedia interaktif dengan menggunakan program macromedia flash.Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pembelajaran kooperatif learning dengan teknik brainstorming dan dilakukan simulasi NOKEN telah dilaksanakan dengan baik, Pelaksanaan pelatihan ini telah mencapai tujuan yang dilaksanakan karena semua peserta sudah dapat mengerjakan soal latihan NOKEN setara N3 serta mampu memecahkan masalah khususnya dalam bagian DOKKAI-BUNPOU. Kata Kunci : NOKEN, Kompetensi bahasa JepangSalah satu kebutuhan guru-guru bahasa Jepang yakni kebutuhan untuk terus meningkatkan kompetensi bahasa Jepang salah satunya adalah untuk dapat mengikuti NOKEN (Nihongo Nouryoku Shiken) atau JLPT (Japanese Language Proficiency Test) dalam bahasa Indonesia adalah Test Kemampuan berbahasa Jepang dan agar supaya dapat memperoleh sertifikat. NOKEN dipandang penting dikarenakan dapat menguji dan mengukur tingkat kemampuan bahasa Jepang para pengajar. Hal ini dimaksudkan agar para pengajar dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka dalam bahasa Jepang. Disamping itu menjadi bekal bagi para pengajar yang belum disertifikasi, sebagai persiapan untuk dapat mengikuti uji kompetensi guru (UKG). Selain itu sertifikat NOKEN merupakan salah satu syarat bagi para guru bahasa Jepang diseluruh Indonesia untuk dapat mengikuti program pelatihan pendidikan di Jepang yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah Jepang (MONBUKAGAKUSHO) maupun The Japan Foundation, Jakarta.Dari data angket yang dibagikan kepada guru bahasa Jepang pada MGMP Bahasa Jepang Sulawesi Utara menunjukkan bahwa guru bahasa Jepang SMA sebagian besar masih berada pada level N4. Ini berarti dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kompetensi agar pengajar bahasa Jepang dapat berada pada level N3. Masalahnya adalah (1)Guru-guru bahasa Jepang mengalami kesulitan dalam menjawab soal Dokkai/Bunpo (読解・文法) pada saat tes uji kompetensi bahasa Jepang (NOKEN). (2)Kurangnya pemahaman dan pengetahuan khususnya tentang Dokkai/Bunpo (読解・文法) pada level N3. (3)Kurangnya latihan sebagai bentuk kesiapan menghadapi tes uji kompetensi bahasa Jepang (NOKEN). (4)Sumber belajar masih menggunakan Buku. Untuk mengatasi masalah tersebut maka pada pengabdian kali ini akan dilaksanakan pelatihan NOKEN yang bertujuan untuk memberi solusi dan mengatasi masalah dan menjawab kebutuhan mitra tersebut dengan tahapan sebagai berikut: (1) pembelajaran materi NOKEN N3 (2) mengadakan kelas simulasi NOKEN (3) Penggunaan aplikasi pembelajaran multimedia interaktif dengan menggunakan program macromedia flash.Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pembelajaran kooperatif learning dengan teknik brainstorming dan dilakukan simulasi NOKEN telah dilaksanakan dengan baik, Pelaksanaan pelatihan ini telah mencapai tujuan yang dilaksanakan karena semua peserta sudah dapat mengerjakan soal latihan NOKEN setara N3 serta mampu memecahkan masalah khususnya dalam bagian DOKKAI-BUNPOU.
LPPM UNIMA
2019-12-04
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1039
10.36412/abdimas.v12i1.1039
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 12, No 1 (2019): APRIL 2019
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v12i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1039/981
10.36412/abdimas.v12i1.1039.g981
Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1071
2019-12-04T15:32:09Z
abdimas:ART
ANALISIS KEBUDAYAAN JEPANG TENTANG PERAYAAN OSHOGATSU
Masoko, Marly
Oshogatsu; active learning
Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan Generasi muda yang ada didesa Koya Kabupaten Minahasa tentang bahasa Jepang dalam hal ini tentang guiding yang berisi percakapan praktis yang baik dan benar dan kebudayaan Jepang Oshogatsu untuk membekali pengetahuan pembelajaran bahasa Jepang praktis dan huruf Jepang yang efektif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Jepang praktis ini yang dilaksanakan dengan menggunakan metode Active learning dengan pokok permasalahan yang disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai adalah yaitu metode active learning dengan menggunakan multimedia. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bahasa Jepang kepada Generasi muda yang ada didesa Koya Kabupaten Minahasa dan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.
LPPM UNIMA
2019-12-04
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1071
10.36412/abdimas.v12i3.1071
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 12, No 3 (2019): DESEMBER 2019
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v12i3
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1071/pdf
10.36412/abdimas.v12i3.1071.g995
Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/369
2019-05-26T06:19:38Z
abdimas:ART
TAMAN TEMATIK EDUKASI 5R SEBAGAI STRATEGI PEMANFAATAN LIMBAH SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK
Praganingrum, Tjokorda Istri
Suryatmaja, Ida Bagus
Martiningsih, I Gusti Agung Gede Eka
Thematic park; education; 5R
Massive urban development and space utilization will ultimately trigger environmental problems. Issues related to the matter, such as reduced amount of green areas with less-controlled waste management, are important things need to be considered. In order to manage the problem, it is important to find a solution to arise hygiene behavior, as well as preserving green areas. Providing education for community, starting from early ages, is considered to be a valuable effort. Education can be provided by making a thematic park with 5R (Reuse, Reduce, Recycle, Replace and Replant) principle, which can provide understanding through technology transfer model (TT) method, applying appropriate technology. In the future, the availability of thematic park will serve a novel medium for education training and community.
LPPM UNIMA
2018-06-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/369
10.36412/abdimas.v10i02.369
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 10, No 02 (2017): Desember 2017
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v10i02
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/369/332
10.36412/abdimas.v10i02.369.g332
Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3058
2021-12-01T15:31:53Z
abdimas:ART
PKM PENINGKATAN SISTEM KEAMANAN LINGKUNGAN PADA MASA PENDEMI DI KOTA MANADO
Dilapanga, Abdul Rahman
Mantiri, Jeane
Siwi, Chynthia Maria
Sistem Keamanan Lingkungan, Siskamling, Kota Manado.
Kegiatan PKM ini yang merupakan salah satu perwujudan dari tri dharma perguruan tinggi merupakan penerapan ilmu yang diperoleh secara teoritis untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, sehingga ilmu yang diperoleh dapat di aplikasikan dan di konstribusikan ke kehidupan masyarakat luas khususnya dalam bidang keamanan untuk mendukung pemberdayaan dalam bentuk pendampingan masyarakat dalam rangka mendukung layanan daerah wisata (Kota Manado) yang berdampak secara sosial, budaya dan ekonomi. Hasil yang didapatkan adalah secara umum kegiatan PKM dapat dikatakan berhasil dan sebagai harapan bahwa penerapan sistem keamanan lingkungan nantinya lebih baik dengan adanya Kerjasama dan koordinasi yang baik antara Pemerintah dan Masyarakat sehingga dapat tercipta suatu Sistem Keamanan Lingkungan yang menjamin kenyaman dan keamanan masyarakat khusunya di Kelurahan Winangun Satu Kota Manado.
LPPM UNIMA
2021-11-13
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3058
10.36412/abdimas.v14i2.3058
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 14, No 2 (2021): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v14i2
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3058/1570
10.36412/abdimas.v14i2.3058.g1570
Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3115
2021-12-01T15:43:25Z
abdimas:ART
PKM PERCAKAPAN BAHASA JEPANG BAGI GENERASI MUDA DI PANIKI DUA MANADO
Sudarajat, Jajat
Rakian, Sandra
Bahasa; Penunjang; Pariwisata.
Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh LPPM UNIMA, yang bertajuk “PKM Percakapan Bahasa Jepang bagi Generasi Muda di Paniki Dua Manado ” ini, akan melaksanakan kegiatan utama, yaitu kegiatan pelatihan percakapan . Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang belum terealisasinya pembelajaran bahasa Jepang di Paniki dua Manado. Sebagai mitra yaitu pemuda dan remaja Paniki dua Manado. Kegiatan pelatihan bahasa Jepang dipandang penting untuk dilaksanakan dalam rangka pembelajaran bahasa Jepang. Kegiatan pelatihan ini diharapkan juga dapat memberi dampak positif bagi pengembangan bahasa Jepang. Disamping itu juga diharapkan dapat menumbuhkan sikap positif dari pemuda dan remaja agar mereka mau menggunakan bahasa Jepang, sebagai wujud keikutsertaan mereka dalam upaya menunjang pariwisata SULUT, sesuai dengan pemberitahuan dari pimpinan daerah, SULUT sudah merupakan daerah wisata, itu dikuatkan dengan pemberitahuan Presiden melalui media sosial. Diharapkan setelah pelatihan ini para Pemuda dan remaja akan memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, sekalipun masih sederhana, berdasarkan tema-tema: perkenalan, memberi salam, keluarga, memperkenalkan tempat objek wisata dan sebagainya. Target khusus pelatihan ini adalah pertama (pelatihan bahasa Jepang) untuk menghasilkan modul pembelajaran bahasa Jepang praktis, yang tidak hanya digunakan dalam pelatihan ini tetapi juga nanti akan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk pelajar bahasa Jepang pemula . Modul pembelajaran ini nantinya akan dapat dikembangkan menjadi buku ajar. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah menerapkan model-model pengajaran yang kooperatif yang mudah diserap oleh pembelajar adalah upaya pengajar untuk mencapai tujuan yang diharapkan yaitu dapat menguasai empat keterampilan berbahasa yakni; keterampilan berbicara, membaca, menulis, menyimak. yaitu Kegiatan pelatihan bahasa Jepang ini diharapkan akan membuka pintu masuk bagi kegiatan-kegiatan lain dalam rangka meningkatkan peran serta dan pengabdian UNIMA melalui LPPM dalam pembangunan dibidang pendidikan dan bidang-bidang lainnya di tengah-tengah masyarakat umum.
LPPM UNIMA
2021-12-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3115
10.36412/abdimas.v14i1.3115
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 14, No 1 (2021): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v14i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3115/1595
10.36412/abdimas.v14i1.3115.g1595
Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/893
2019-05-26T06:12:17Z
abdimas:ART
PKM PADA TUKANG OJEK DI KELURAHAN MATANI KECAMATAN TOMOHON TENGAH KOTA TOMOHON
Tuerah, Ignatius Javier C
Tukang ojek; pelatihan; Bahasa Inggris
Perkembangan zaman yang begitu cepat akibat derasnya arus globalisasi membawa dampak positif pada perkembangan dunia pariwisata, termasuk di Indonesia. Masyarakat Ekonomi Asean sudah mulai diberlakukan sejak akhir 2015 membuat persaingan tenaga kerja semakin ketat. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menuntut pentingnya keahlian para pekerja dari semua sektor. Para tukang ojek tanpa disadari merupakan bagian tak terpisahkan dari perkembangan pariwisata. Permasalahan kemudian muncul ketika disadari bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang dibutuhkan ketika para tukang ojek hendak melayani para turis asing yang datang ke kota Tomohon. Untuk itu, dilaksanakan suatu pelatihan berbahasa Inggris bagi para tukang ojek di Kelurahan Matani dalam mempersiapkan diri menghadapi para turis asing yang membutuhkan jasa mereka.
LPPM UNIMA
2019-05-26
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/893
10.36412/abdimas.v11i3.893
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 11, No 3 (2018): DESEMBER 2018
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v11i3
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/893/812
10.36412/abdimas.v11i3.893.g812
Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3705
2023-05-23T13:12:25Z
abdimas:ART
PKM PENGUATAN NILAI-NILAI TOLERANSI BAGI UMAT DI WILAYAH ROHANI ST. FAUSTINA PAROKI MARIA RATU DAMAI TOMOHON
Pangalila, Theodorus
Rattu, Jan Agustaf
Strengthening, Value, Tolerance, People
The reality today is that there are more and more actions that are indicative of the diversity that exists in Indonesia. Acts of intolerance committed by certain groups have tarnished the beauty of the diversity of the Indonesian nation which has been engraved in the motto Bhineka Tunggal Ika. The emergence of intolerance is caused by four factors, the first is sectarian religious views, the second is religious populism, and the third is politicians who use religion. And finally, namely the establishment of places of worship which are prohibited on religious grounds, giving rise to intolerance. Tolerance towards diversity is something that must be considered and guarded for the sake of the integrity of a nation and state. The occurrence of racial, interethnic, or religious conflicts. The decline of a nation and state because the government is difficult to develop policies. Lack of community participation in development. Obstructing development efforts and equitable distribution of facilities and infrastructure. If in people's lives there is no tolerance and mutual respect for differences, this can lead to divisions and no mutual trust or respect, which will result in conflict between communities. Indonesian citizens should be tolerant of religious differences that exist in society so that harmony between religions is realized. However, the reality is that in recent years the number of intolerances between religious communities has increased. The problems faced are: (1). Lack of public understanding of the values of tolerance. (2). More and more understanding of intolerance in society. (3). Lack of outreach about the values of tolerance, both by church leaders and community leaders. The solutions offered in this activity are socialization activities and training to strengthen tolerance values. This PKM produces outputs in the form of articles published in national journals.
LPPM UNIMA
2023-05-23
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3705
10.36412/abdimas.v15i2.3705
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 15, No 2 (2022): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v15i2
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3705/pdf
10.36412/abdimas.v15i2.3705.g1746
Copyright (c) 2023 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1062
2019-12-04T15:26:55Z
abdimas:ART
PKM KARYAWAN OBJEK WISATA BUKIT TINTINGON RURUKAN
Olii, Sanerita Tresnawaty
drill and repetition; roleplay; mitra
Pemanfaatan potensi alam untuk menjadi daya tarik suatu objek wisata membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Hal ini ditandai dengan bertambahnya lapangan pekerjaan dan ekonomi masyarakat yang meningkat. Dengan demikian diperlukan SDM yang mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar, terutama untuk berkomunikasi dengan turis mancanegara. Pengabdian IbM ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan karyawan dalam berbahasa Inggris dengan mengadakan pelatihan Bahasa Inggris bagi karyawan objek wisata Bukit Tintingon. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berbahasa Inggris, karena itu digunakan metode drill and repetition, roleplay,dan diskusi serta ceramah. Metode-metode ini merupakan metode yang efektif dalam pembelajaran bahasa. Pada pelatihan ini kelompok Mitra telah dilatih menggunakan bahasa Inggris, para karyawan mendapat kesempatan untuk mempraktekkan apa yang telah dipelajari melalui metode drill and repetition. Diakhir pelatihan dilakukan monitoring pendampingan aplikasi penggunaan bahasa Inggris oleh para karyawan peserta pelatihan ketika menghadapi wisatawan asing
LPPM UNIMA
2019-12-04
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1062
10.36412/abdimas.v12i3.1062
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 12, No 3 (2019): DESEMBER 2019
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v12i3
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1062/pdf
10.36412/abdimas.v12i3.1062.g986
Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/359
2019-05-26T06:19:38Z
abdimas:ART
PENDAMPINGAN KOMUNITAS PERANGKAT DESA WAREMBUNGAN MINAHASA DALAM MENGKONSERVASI HUTAN SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN SUMBER AIR BERSIH
Tulandi, Djeli
Marianus, Marianus
Kebutuhan air semakin meningkat untuk pemenuhan kebutuhan hidup manusia dan hal ini merupakan tantangan serius diantara desakan pembangunan dan industri, polusi dan perubahan iklim yang mengancam sumber daya alam. Kegiatan penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat menjadi salah satu alternatif dalam upaya menstimuli masyarakat Warembungan untuk melestarikan hutan dan sumber air bersih. Memberi kesadaran kepada masyarakat agar tanggap dalam menyikapi krisis air bersih di masa depan dengan tidak lagi melakukan penebangan liar, jangan membakar hutan untuk kepentingan apapun dan tidak membuka kebun di area hutan lindung. Mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan penghijauan bekerja sama dengan dinas kehutanan minahasa dan mahasiswa UNIMA. Hasil angket yang dibagikan kepada responden menunjukkan bahwa pengetahuan perangkat desa dan masyarakat desa warembungan masih rendah tentang bagaimana melestarikan hutan dan air bersih. Keterlibatan dalam mengawasi dan menjaga hutan masih rendah . Hasil pertemuan dan diskusi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya menjaga dan melestarikan hutan dan mata air yang ada di hutan Warembungan. Masyarakat dan perangkat desa bersama mahasiswa terlibat dalam penaman bibit kayu dan ada 150 bibit kayu yang di tanam. KataKunci: Konservasi hutan, pelestarian sumber air bersih
LPPM UNIMA
2018-06-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/359
10.36412/abdimas.v10i02.359
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 10, No 02 (2017): Desember 2017
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v10i02
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/359/322
10.36412/abdimas.v10i02.359.g322
Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3049
2021-12-01T15:31:53Z
abdimas:ART
PENGAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SD MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KONSEP THREE PERIOD LESSON
Hampp, Paula L
Lakoro, Qadriyah
Pengajaran, Kosa Kata, Bahasa Inggris
Penguasaan kosa kata Bahasa Inggris yang sangat kurang pada siswa yang duduk di bangku SD menjadi salah satu penyebab tidak mudahnya dalam penguasaan Bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengajaran Bahasa Inggris di tingkat SD dan kurangnya tersedia tenaga pengajar yang berlatarbelakang pengajar Bahasa Inggris. Untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan membantu mengajar dan memfasilitasi pengajaran Bahasa Inggris meski hanya dengan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan kurang lebih 3 bulan sejak bulan April 2021 sampai dengan Juni 2021. Kegiatan pengenalan kosa kata Bahasa Inggris dilakukan melalui 3 media, yang pertama menggunakan lagu, kedua gambar, dan yang ketiga adalah dengan menggunakan permainan atau game. Setelah menerapkan 3 media tersebut siswa diuji dengan tes kosa kata Bahasa Inggris dan hasilnya menunjukan siswa mampu meningkatkan penguasaan kosa kata dan mereka sangat antusias dalam belajar Bahasa Inggris. Dengan menggunakan media lagu, gambar, dan permainan para siswa tidak merasa bosan dan membantu memori mereka dalam penguasaan kosa kata Bahasa Inggris.
LPPM UNIMA
2021-11-13
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3049
10.36412/abdimas.v14i2.3049
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 14, No 2 (2021): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v14i2
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3049/1562
10.36412/abdimas.v14i2.3049.g1562
Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/568
2019-05-26T06:18:38Z
abdimas:ART
PENINGKATAN KUALITAS LINGKUNGAN PERKOTAAN MELALUI PENGEMBANGAN RUANG TERBUKA HIJAU TERINTEGRASI IPAL KOMUNAL
Moniaga, Ingerid Lidia
Warouw, Fela
RTH; IPAL komunal; ruang publik
Kelompok Karang Taruna Bahari, merupakan salah satu kelompok sosial masyarakat yang berada di Kelurahan Tumumpa Dua Kecamatan Tuminting Kota Manado. Melalui kelompok Karang Taruna ini maka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan sebagai salah satu bentuk penyebaran informasi pengetahuan dan teknologi yang diarahkan pada penyuluhan dan pelatihan tentang praktek pengembangan ruang terbuka hijau terintegrasi sistem instalasi pengolahan air limbah komunal pada kawasan sempadan sungai Bailang Kota Manado. Target luaran yang ingin dicapai pada pembinaan dan pendampingan kelompok Karang Taruna Kelurahan Tumumpa Dua yaitu : (1)terciptanyan sumberdaya manusia yang peduli terhadap kualitas lingkungan permukiman melalui sarana sanitasi dan ruang publik, (2) terciptanya sistem integrasi IPAL Komunal dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di lingkungan permukiman padat penduduk, (3) pengembangan ruang terbuka hijau di lingkungan permukiman dengan penanaman tanaman-tanaman dalam pot untuk menciptakan ruang estetika.
LPPM UNIMA
2018-07-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/568
10.36412/abdimas.v9i02.568
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 9, No 02 (2016): DESEMBER 2016
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v9i02
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/568/519
10.36412/abdimas.v9i02.568.g519
Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3105
2021-12-01T13:47:12Z
abdimas:ART
PPM LATIHAN KERJA BAGI MASYARAKAT TENTANG DISAIN DAN KONSTRUKSI BAJA RINGAN DI KOTA MANADO
Taunaumang, Heindrich
Sompotan, Amstrong F
Masyarakat; Tukang; Baja-Ringan; Disain.
Perkembangan penggunaan material/bahan bangunan rumah dengan menggunakan material logam seperti atap seng berbasis baja ringan, gantungan baju, lemari, rak cepatu dll semakin pesat karena dengan menggunakan material tersebut lebih tahan lama dan relatif lebih cepat pekerjaan diselesaikan. Namun demikian pengerjaan konstruksi bangunan/rumah/garasi dengan atap seng atau gantungan baju, lemari, rak cepatu dll berbasis baja ringan diperlukan pengetahuan tentang material, disain dan konstruksi serta ketrampilan dalam pembuatannya. Masyarakat di Kelurahan Titiwungen Selatan, Kecamatan Sario Kota Manado kalah bersaing dalam mengerjakan konstruksi bangunan/rumah dengan atap seng berbasis baja ringan karena mereka hanya terbiasa dengan mengerjakan atap seng berbasis kayu (konstruksi dengan bahan kayu). Disamping kekurangan tentang pengetahuan disain dan konstruksi atap seng, gantungan baju, lemari dan rak cepatu dengan baja ringan mereka juga belum memiliki ketrampilan serta peralatan seperti bor-elektrik. Dengan demikian mereka kurang berdaya dan kehilangan peluang kerja sehingga sangat berdampak pada masalah ekonomi/pendapatan keluarga. Oleh karena itu melalui pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai oleh LPPM Unima ini kami ingin melaksanakan kegiatan pengabdian dengan judul : “PPM LATIHAN KERJA BAGI MASYARAKAT TENTANG DISAIN DAN KONSTRUKSI BAJA RINGAN DI KOTA MANADO Tulisan ini kiranya boleh memberikan kontribusi nyata memecahkan persoalan dalam mengatasi persoalan ketrampilan tenaga kerja di Kota Manado khususnya di Kelurahan Titiwungen Selatan, Kecamatan Sario. Kami percaya melalui kegiatan latihan kerja bagi masyarakat akan berhasil dan bemanfaat karena kerjasama Perguruan Tinggi (Unima), masyarakat Kelurahan Titiwungen Seatan, Kecamatan Sario dan pemerintah Kota Manado.
LPPM UNIMA
2021-12-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3105
10.36412/abdimas.v13i3.3105
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 13, No 3 (2020): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v13i3
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3105/1586
10.36412/abdimas.v13i3.3105.g1586
Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/884
2019-05-26T05:08:38Z
abdimas:ART
PENGGUNAAN PERALATAN LISTRIK RUMAH TANGGA SECARA HEMAT PADA MASYARAKAT DESA WUSA KECAMATAN TALAWAAN
Kilis, Billy M H
Hemat listrik
Partisipasi Masyarakat dalam Program hemat energy listrik. 'Program konservasi energi dalam bentuk Demand Side Management (DSM) tidak akan berhasil tanpa adanya partisipasi masyarakat,'' ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro saat membuka acara Seminar Konservasi Energi dengan Tema Penerapan Program Konservasi Energi Pada bangunan (Best Practice), Kamis (3/8) di Jakarta. Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro mengungkapkan sudah saatnya masyarakat disadarkan bahwa perilaku hemat energi bukan hanya berguna bagi Pemerintah. Namun juga bagi pelaku hemat energi itu sendiri. ''Sebab, rekening listrik bisa rendah misalnya. Permasalahan yang diidentifikasi dari mitra yaitu warga produktif dan yang berkaitan dengan penggunaan energi listrik yang masih cenderung boros. penggunaan peralatan listrik yang semakin memasyarakat belum didukung oleh upaya prilaku yang hemat. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan mitra yaitu pelatihan, simulasi dan pendampingan. Adanya penurunan pemakaian energy listrik yang diperoleh pada pembayaran sebulan baik untuk listrik prabayar maupun pasca bayar. Publikasi ilmiah yang akan diterbitkan melalui jurnal. Peningkatan pendapatan akibat berkurangnya biaya pemakaian energy listrik. Pemakaian yang lebih ekonomis. Pemahaman yang lebih utuh mengenai pemakaian energy listrik yang benar, lebih hemat dan terencana.
LPPM UNIMA
2019-05-26
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/884
10.36412/abdimas.v11i2.884
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 11, No 2 (2018): AGUSTUS 2018
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v11i2
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/884/803
10.36412/abdimas.v11i2.884.g803
Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3619
2022-12-30T15:22:09Z
abdimas:ART
KAMPANYE MICROGREENS MELALUI INSTAGRAM DALAM MEMPERINGATI HARI TANI INDONESIA
Pratama, Aldi Adi
Zafira, Kaniaareta Sadya
Yulianto, Kiki
Campaign; Health; Microgreens; Persuasive; Farmer
This Community Service activity aims to create an understanding of microgreens in commemorating Indonesian Farmer's Day on September 24. Microgreens are mini plants that have many health benefits. Microgreens comes from the words micro (small) and greens (forage) which are harvested from 7 days to 14 days. The project was carried out through a persuasive communication system Instagram campaign, with the help of volunteers. Instagram was chosen because based on previous research by CupoNation, Indonesia is ranked 4th with the most Instagram users in the world as many as 56 million. Has evolved into a platform that allows users to create a visual identity for businesses. The campaign includes understanding, content, types, health benefits, differences with sprouts, advantages, cultivation, opportunities, suitable microgreens to plant, processed microgreens, bioprospects, and duration lighting microgreens. The author's analysis can conclude that persuasive communication methods are said to be very efficient in microgreens campaigns. This can be seen from the follower analysis of volunteers' Instagram, 45 users said they understood very well and 42 others said they understood, even though there were negative data.campaign system tends to be interesting, because it provides solutions and understanding based on current problems, such as the economy during and after a pandemic
LPPM UNIMA
2022-11-29
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3619
10.36412/abdimas.v15i2.3619
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 15, No 2 (2022): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v15i2
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3619/pdf
10.36412/abdimas.v15i2.3619.g1716
Copyright (c) 2022 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1053
2019-12-04T15:34:29Z
abdimas:ART
PENINGKATAN KAPASITAS TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI SMP NEGERI KEMBES
Ratu, Donal
pendidik; tenaga kependidikan; strategi
Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan perlu menjadi perhatian khusus, dikarenakan perannya sebagai fasilitator dan pelayan pendidikan. Pendidik dan tenaga kependidikan perlu diberikan ruang lebih untuk mengupayakan pengembangan profesionalnya. Pembinaan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan juga sangat diperlukan guna menyempurnakan proses penyelenggaraan pendidikan serta menjaga kualitas mutu pendidikan anak usia dini. Akan tetapi, tantangan besar bagi pendidik dan tenaga kependidikan di SMP N kembes saat ini berasal dari kualifikasi dan juga berasal dari arus gelombang teknologi dan informasi. Perlu adanya peningkatan mutu pendidikan, upaya yang perlu dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan diorientasikan kepada peningkatan kualifikasi dan juga diperlukan adanya pembinaan yang berkelanjutan dari pengawas maupun pemerintah. Harapannya dengan pengelolaan yang baik terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dapat memacu motivasi kerja guna tercapainya tujuan pendidikan. Tingkat efektivitas dan efisiensi hasil pendidikan nasional dapat dioptimalkan melalui peningkatan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan. Profesionalitas dan kualitas dapat terjaga melalui peningkatan kualifikasi, pembinaan, dan pengembangan keprofesionalan serta kinerja yang baik. Untuk menjaga mutu manajemen harus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengembangan secara sungguh-sungguh melalui pembinaan, pelatihan, mentoring kepada seluruh komponen lembaga atau sekolah terutama staf-staf didalam lembaga pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan tentang peningkatan mutu pendidikan, upaya yang perlu dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan diorientasikan kepada peningkatan kualifikasi dan memekali pengetahuan tentang strategi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran
LPPM UNIMA
2019-12-04
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1053
10.36412/abdimas.v12i2.1053
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 12, No 2 (2019): AGUSTUS 2019
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v12i2
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1053/pdf
10.36412/abdimas.v12i2.1053.g999
Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2158
2021-12-01T13:56:34Z
abdimas:ART
PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEREMPUAN MELALUI PEMBINAAAN KEWIRAUSAHAAN DI KELURAHAN TARA-TARA TOMOHON
Suot, Henny Lenni
Pemberdayaan, Kelurahan Tara-Tara, Kelompok Perempuan
Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk; 1). Meningkatkan keterampilan dan minat Kelompok Perempuan di Kelurahan Tara-tara Tomohon dalam berwirausaha, 2). Meningkatkan pemahaman Kelompok Perempuan di Kelurahan Tara-tara Tomohon mengenai Berwirausaha dan Kewirausahaan, 3). Peningkatan Pemberdayaan Kelompok Perempuan dalam hal berwirausaha di Kelurahan Tara-Tara Tomohon. Program Kemitraan Masyarakat ini dilaksanakan di Kelurahan Tara-Tara Tomohon menggunakan metode ceramah, diskusi dan evaluasi. Simpulan yang didapatkan dari Program Kemitraan Masyarakat ini adalah bahwa Pelaksanaan dan Evaluasi Pemberdayaan Kelompok Perempuan di Kelurahan Tara-Tara Tomohon diikuti dengan antusias oleh kelompok perempuan, para kelompok perempuan di Kelurahan Tara-Tara Tomohon menunjukan antusiasnya dengan dating tepat waktu dan mengikuti seluruh kegiatan pemberdayaan yang diberikan oleh tim pelaksana. Evaluasi dalam program ini dilakukan secara sederhana dengan mencatat setiap kegiatan dengan hasilnya dan adanya monitoring dari pemerintah selaku pihak penyelenggara pelatihan dan pendampingan, untuk mengetahui sejauh mana perkembangan produk yang nantinya akan dihasilkan
LPPM UNIMA
2020-11-13
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2158
10.36412/abdimas.v13i2.2158
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 13, No 2 (2020): AGUSTUS (2020) ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v13i2
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2158/1347
10.36412/abdimas.v13i2.2158.g1347
Copyright (c) 2020 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/558
2019-05-26T06:19:16Z
abdimas:ART
PELATIHAN PEMBUATAN BRIKET DARI ARANG TEMPURUNG KELAPA DI KELURAHAN KOLONGAN SATU KOTA TOMOHON
Rampe, Meytij J
coconut shell charcoall; synthesis; briquettes
Training on the briquettes synthesis from coconut shell charcoal has been conducted. This training was aimed to study the effects starch agent in the from solution on structural growth of briquettes and its chemical properties and the effect of temperature (200-500 oC) on the characters of the briquettes. The product characteristics of briquettes showed thatthere was a change on the chemical properties of the raw material which has been sintered at 300 oC, at which briquettes was produced in this process. Synthesis process at 300 oC in the presence of starch gave carbon material briquettes.
LPPM UNIMA
2018-07-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/558
10.36412/abdimas.v10i01.558
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 10, No 01 (2017): JUNI 2017
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v10i01
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/558/509
10.36412/abdimas.v10i01.558.g509
Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/582
2019-05-26T06:18:14Z
abdimas:ART
PELATIHAN TEKNIS SUPERVISI KLINIS BAGI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH DI KECAMATAN DIMEMBE
Kaunang, Jetty Fientje
Clinical supervising;training; supeintendents; head masters
This training aims to increase knowledge and skills in supervision using the clinical supervising technique for supeintendents and head masters. This training is very useful especially for the duty as supervisors for teachers that are in need of guidance. Stages in training clinical supervision training are informing and the training it self. According to the stages that have been done, it is concluded that the conduction of clinical supervision technique is very helpful for superintendents and head masters in their duty to help, guide the teachers in correcting and adding value to studying and teaching process in schools.
LPPM UNIMA
2018-07-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/582
10.36412/abdimas.v9i01.582
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 9, No 01 (2016): JUNI 2016
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v9i01
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/582/533
10.36412/abdimas.v9i01.582.g533
Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1351
2022-05-03T16:13:55Z
abdimas:ART
PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP FRATER DON BOSCO TOMOHON
Sumual, Pamela
Sulangi, victor
Domu, ihdar
ABSTRACT. This research was conducted to describe the students learning outcomes who were taught using the Blended Learning model and face to face methods on the relations and functions lesson. The research was conducted at SMP Frater Don Bosco in the odd semester of the 2019/2020 academic year. The research subjects were students of class VIII A as an experimental class taught using the Blended Learning model and students of class VIII B as a control class taught using the face to face method. Data collection in this research used test and data analysis used t-test of differences mean of the two groups. The research result, shows that the average student learning outcomes taught using the Blended Learning model were higher than the average learning outcomes of students who are taught using face-to-face methods on the material relations and functions. Keywords: Blended Learning, Face to Face, Relationships and Functions
LPPM UNIMA
2022-05-03
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1351
10.36412/abdimas.v15i1.1351
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 15, No 1 (2022): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v15i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1351/pdf
10.36412/abdimas.v15i1.1351.g1655
Copyright (c) 2022 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/1044
2019-12-04T15:40:44Z
abdimas:ART
PELATIHAN KERAJINAN BAMBU DI DESA TUMALUNTUNG KECAMATAN TARERAN
Rantung, Ruly
Bambu; modis; desain
Tugas utama perguruan tinggi adalah melaksanakan Tridharma, salah satu diantaranya adalah Pengabdian pada Pasyarakat, dengan melibatkan seluruh komponen Civitas Akademik. Hal ini dilaksanakan dalam usaha memberdayakan masyarakat melalui pelatihan dan penyuluhan. Partisipasi perguruan tinggi dengan program kemitraan yang memberikan tenaga dan kosep-ponsep yang membangun dan memajukan perekonomian, salah satunya menciptakan lapangan kerja dalam bentuk ekonomi kreatif melalui kelompok-kelompok pengrajin. Program kemitraan yang dilaksanakan ini berlokasi di Desa Tumaluntung Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. Sedangkan program ini difokuskan pada kelompok pengrajin dengan memodifikasi kerajinan nyiru menjadi karya seni yang lebih menarik, modis dan berdaya jual tinggi.
LPPM UNIMA
2019-12-04
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1044
10.36412/abdimas.v12i1.1044
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 12, No 1 (2019): APRIL 2019
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v12i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1044/pdf
10.36412/abdimas.v12i1.1044.g1008
Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/2146
2021-12-01T13:49:59Z
abdimas:ART
PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA GURU IPS DI KOTA TOMOHON
Korompis,, Manuel Estevanus
Tuerah, Paulus Robert
Kontekstual, Tomohon, Pengembangan
Tujuan dari pengabdian ini adalah: (1) Merancang pembelajaran IPS berbasis Metode pembelajaran Kontekstual; (2 )Penggunaan Metode Kontekstual sebagai media dalam pembelajaran IPS, dan; (3) Peningkatan kompetensi guru IPS di Tomohon dalam pembelajaran menggunakan Metode Kontekstual. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode perencanaan dan pelaksanaan pengembangan pembelajaran berbasis kontekstual, berlangsung di Kota Tomohon, hasil yang didapatkan adalah bahwa; (1) adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pengembangan metode pembelajaran kontekstual walaupun awalnya ditemukan bahwa masih sedikit guru IPS yang mengimplementasikannya; (2) Tersedianya media metode pembelajran kontekstual
LPPM UNIMA
2020-09-02
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2146
10.36412/abdimas.v13i1.2146
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 13, No 1 (2020): APRIL (2020) ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v13i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2146/1338
10.36412/abdimas.v13i1.2146.g1338
Copyright (c) 2020 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/549
2019-05-26T06:19:58Z
abdimas:ART
PENDAMPINGAN BAGI FASILITATOR PENDERITA HIPERTENSI DI KABUPATEN KUBU RAYA MELALUI DISEMINASI DIET DASH
Lestari, Oke Anandika
Dewi, Yohana Sutiknyawati Kusuma
Nurmainah, Nurmainah
Cookies; corn; fruit; potassium; noodle
This assistance activity for hypertension facilitator in Kabupaten Kubu Raya through DASH Diet (Dietary Approaches to Stop Hypertension) dissemination is Community Partnership Program (PKM) with it purpose are to increase knowledge and skill of food preparation and food making with DASH Diet approach. The background of this activity is the high number of hypertension patients in Kabupaten Kubu Raya. In DASH Diet approach, consumption of fruit and vegetable or high potassium intake is highly suggested. Partner in this Partnership activity are Community Health Centre (Puskesmas) of Sungai Raya Dalam and PKK (Family Welfare Community) of Kabupaten Kubu Raya. Participant are cadre anddelegation from Integrated Service Community (Posyandu) in Kubu Raya. Method used are socialization, training and assistance, and evaluation. DASH Diet is made enriched food with fruit and vegetables, which are cookies with pineapple and low gluten composite noodleenriched with carrot. Participants experienced a very useful assistance supported by comprehension score 62% for understand, and 32% very understand. Applied processed food has preferable score 74% for fruit cookies, and 63% score for low gluten noodle. Participant are expected to distribute the knowledge and applied it at least in family level. Healthy food application in the future will be developed, not only for it health benefit but also preferable taste.
LPPM UNIMA
2018-07-13
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/549
10.36412/abdimas.v11i1.549
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 11, No 1 (2018): APRIL 2018
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v11i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/549/500
10.36412/abdimas.v11i1.549.g500
Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3092
2021-12-01T15:43:23Z
abdimas:ART
PKM STRATEGI PEMBELAJARAN GURU-GURU SMA KRISTEN 2 BINSUS TOMOHON
Paath, Ruth C
Strategi; pembelajaran.
Pengabdian ini bertujuan agar guru-guru SMA Kristen 2 Binsus Tomohon dapat memperbaiki proses pembelajaran dari konvensional ke pembelajaran yang menyenangkan. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Metode menggunakan pendekatan kualitatif analitik yaitu dengan mengamati dan mengumpulkan data yang berkaitan dengan topik permasalahan sekolah mitra dalam hal ini guru-guru SMA Kristen 2 Binsus Tomohon. Dilanjutkan dengan pelatihan, simulasi dan pendampingan. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2019. Setelah guru mengikuti pelatihan, jelas terlihat adanya perubahan yang signifikan baik pada guru-guru maupun siswa. Melalui presentasi tergambar dengan jelas bahwa setiap guru berusaha secara optimal dalam mempersiapkan materi, menentukan strategi pembelajaran dan menggunakannya dalam proses belajar mengajar. Tahap akhir para melalui simulasi mengajar terlihat para siswa begitu antusias dalam merespons kegiatan belajar, bahkan guru-guru pun tampil secara prima dan tujuan pembelajaran tercapai.
LPPM UNIMA
2021-12-01
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3092
10.36412/abdimas.v14i1.3092
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 14, No 1 (2021): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v14i1
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3092/1577
10.36412/abdimas.v14i1.3092.g1577
Copyright (c) 2021 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/573
2019-05-26T06:18:38Z
abdimas:ART
PELATIHAN KURIKULUM 2013 PADA GURU-GURU SD GMIM, SD INPRES, SD PANTEKOSTA RAANAN BARU KECAMATAN MOTOLING BARAT KABUPATEN MINAHASA SELATAN
Palapa, Tommy M
Kurikulum, RPP; model pembelajaran pembelajaran; assesmen
Peningkatan kualitas pembelajaran matematika semakin gencar dilaksanakan oleh pemerintah. Pemberlakuan kurikulum 2013 yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai salah satu upaya karena Kurikulum 2013merupakan kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill dan pendidikan karakter, yaitu siswa dituntut untuk memahami materi pelajaran, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan disiplin tinggi. Aspek-aspek yang dikembangkan dari peserta didik diharapkan dapat menghasilkan produk yang tidak hanyahebat dari segi pengetahuan dan terampil menerapkannya, tetapi harus mampu menampakkan sikap yang positif dengan selalu mengakui secara jujur bahwa Tuhan Sang Pencipta adalah sumber segala-galanya dan selalu berusaha menjadi teladan bagi orang lain dalam bertingkah laku. Hal-hal yang dikembangkan ini sangat cocok dengan filosofi‘Memanusiakan manusia (humanizing human being). Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan pelatihan yaitu (1) untuk mengetahui kemampuan guru tentang penguasaan kurikulum 2013; (2) mengadakan workshop tentang cara menyusun RPP; (3) pemilihan model pembelajaran; dan (4) penyusunan instrument assesmen.
LPPM UNIMA
2018-07-14
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/573
10.36412/abdimas.v9i02.573
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 9, No 02 (2016): DESEMBER 2016
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v9i02
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/573/524
10.36412/abdimas.v9i02.573.g524
Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
oai:ojs.ejournal.unima.ac.id:article/3275
2022-04-28T23:28:08Z
abdimas:ART
PELATIHAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA ASRAMA SMA NEGERI 3 TONDANO
Lomboan, Ellen
Malonda, Jeanne
Berat badan, panjang tungkai, Lompat jauh, gaya jongkok.
Apakah terdapat hubungan berat badan dengan kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Asrama Sma Negeri 3 Tondano ?. Apakah terdapat hubungan panjang tungkai dan kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Asrama Sma Negeri 3 Tondano ? Apakah terdapat hubungan antara berat badan dan panjang tungkai secara bersama-sama dengan kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Asrama Sma Negeri 3 Tondano ? Untuk mengetahui hubungan antara berat badan dengan kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Asrama Sma Negeri 3 Tondano . Untuk mengetahui hubungan antara panjang tungkai dan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMA Negeri 3 Tondano. Untuk mengetahui hubungan antara berat badan dan panjang tungkai bersama-sama dengan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMA Negeri 3 Tondano. Hipotesis Pengabdian: Terdapat hubungan antara berat badan dengan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMA Negeri 3 Tondano. Terdapat hubungan antara panjang tungkai dengan kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Asrama Sma Negeri 3 Tondano . Terdapat hubungan antara berat badan dan panjang tungkai secara bersama-sama dengan kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Asrama Sma Negeri 3 Tondano . Metode Pengabdian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi adalah seluruh siswa sebanyak 120 orang dan sampel berjumlah 20 orang yang diambil secara acak, Instumen pengumpulan data :Tes Lompat jauh gaya jongkok. Rancangan yang digunakan dalam Pengabdian ini adalah “korelation product moment and multiple”
LPPM UNIMA
2022-04-29
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
application/pdf
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3275
10.36412/abdimas.v14i3.3275
ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Vol 14, No 3 (2021): ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
2598-6066
1979-0953
10.36412/abdimas.v14i3
eng
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3275/pdf
10.36412/abdimas.v14i3.3275.g1645
Copyright (c) 2022 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
f2265b71855d9a3aa948a1d8f9bc7e36