PELATIHAN ”MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI” SEBAGAI UPAYA MINIMALISIR RESIKO BENCANA BAGI WANITA/KAUM IBU LINGKUNGAN VI MALALAYANG SATU TIMUR

Cyrke A N Bujung(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Secara geologis sebagian wilayah Sulawesi Utara rentan terhadap terjadinya gempa bumi, karena berada di jalur pertemuan antar lempeng. Gempa bumi adalah salah satu jenis bencana alam yang sering mengakibatkan kerugian harta benda maupun korban jiwa dan menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana lainnya yang membawa dampak sosial dan ekonomi. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah memperkenalkan dasar-dasar pengetahuan tentang gempa bumi, memberikan simulasi cara menyelamatkan diri dari bencana gempa bumi, serta menjelaskan mengenai mitigasi bencana gempa bumi sebagai upaya minimalisir resiko bencana gempa bumi. Kelompok yang menjadi sasaran pada PPM ini adalah wanita Kaum Ibu Lingkungan VI Malalayang Satu Timur, khususnya kelompok wanita kaum ibu GMIM Air Terang Malalayang Satu Timur yang berjumlah 25 orang. Metode yang dilakukan adalah presentasi, diskusi dan simulasi. Kegiatan ini menghasilkan panduan bagaimana dan apa yang harus dilakukan pada saat terjadi gempa, artikel ilmiah dan poster. Dengan pelatihan dan workshop yang diselenggarakan, para peserta mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang mitigasi bencana gempa bumi sebagai upaya minimalisir resiko bencana.

Keywords


Gempa bumi, mitigasi bencana, minimalisir risiko

References


Kertapati, E. 2006. Aktivitas Gempa Bumi di Indonesia: Perspektif Regional pada Gempa Bumi merusak. Departemen Energi dan SDM. Badan Geologi. Pusat Survey Geologi.

Standar Nasional Indonesia (2002), Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung (SNI 03-1726-2002), Badan Standardisasi Nasional.

Supartoyo, 2007, Rancangan Pembuatan Peta Kawasan Rawan Bencana

Gempabumi, Bidang Pengamatan Gempabumi dan Gerakan Tanah, Pusat

Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Supartoyo dan Surono, 2008, Katalog Gempabumi Merusak Indonesia Tahun 1629 – 2006 (Edisi Keempat), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sudradjat, Adjat. 2006. Kuliah Gabungan IPG 801, 803, 806, 808. Diktat. Pascasarjana UNPAD Bandung.

Yagi, Y., 2004, Source mechanism, Lecture Note Global Course 2004, International Institute of Seismology and Earthquake

Engineering (IISEE), Building Research Institute (BRI).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 355 times
PDF Download : 67 times

DOI: 10.36412/abdimas.v11i2.887

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v11i2.887.g806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.