IBM PADA GURU-GURU DI SD KATOLIK ST. IGNATIUS PANGOLOMBIAN

Theodorus Pangalila(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Secara konseptual, guru merupakan sosok yang memiliki andil terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Ketika orang tua mendaftarkan anaknya ke sekolah, pada saat itu juga mereka menaruh harapan terhadap guru, agar anaknya dapat berkembang secara optimal. Namun kenyataan yang terjadi di SD Katolik Pangolombian, sebagian besar guru-guru belum mengembangkan secara mantap kompetensi pedagogiknya dan termasuk di dalamnya kurang menguasai model-model pembelajaran PAIKEM. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru di SD Katolik Pangolombian. Untuk mencapai tujuan tersebut maka metode pendekatan yang digunakan adalah pelatihan, pendampingan, dan memfasilitasi seluruh kegiatan termasuk praktek mengajar dengan model-model PAIKEM. Rencana kegiatan ini dilaksanakan selama 1 bulan (2 hari pelaksanaan kegiatan) dengan tahapan sebagai berikut: Persiapan, Pelaksanaan, Pemantapan Program Kerja dan Evaluasi. Hasil yang dicapai melalui kegaitan IbM pada guru-guru di SD Katolik St. Ignatius Pangolombian bisa disimpulkan sebagai berikut: (1). Ada antusias yang tinggi dari para guru untuk mengembakan kemampuannya dalam mengembangkan kompetensi pedagogik. (2). Terdapat peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menarik (PAIKEM).

Keywords


Kompetensi, pedagogik, PAIKEM, kurikulum

References


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2012) Kurikulum 2013 Dorong Siswa Kreatif. [Online]. Tersedia: edukasi.kompas.com/red/2013/02/23 [07 Maret 2013).

Komalasari, K. (2008). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Kompetensi Kewarganegaraan. (Disertasi). UPI Bandung.

Komara, Endang. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Rafika Aditama.

Materi PLPG UNIMA, 2012

Michael, 2002. Dasar-dasar Utama Praktek Belajar Kewarganegaraan, materi pada Pelatihan Pelatih Praktek Belajar Kewarganegaraan. CCEIP & DepDikNas. 2002.

Winataputra, 2005. Model Pembelajaran Kooperatif. UT (PAU-PPAI UT)

Uno dan Mohamad, 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer & Setiawati Lilis, 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 251 times
PDF Download : 24 times

DOI: 10.36412/abdimas.v11i2.886

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v11i2.886.g805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.