PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI DESA MALOLA KECAMATAN KUMELEMBUAI

Maxie Albert Jacob Liando(1), Oldy J Tamunu(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Pengembangan soft skills pada guru sekolah dasar dapat dipenuhi melalui model pembelajaran Multimedia berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Salah satu model yang dapat didesain adalah media pembelajaran audiovisual. Karenya guru-guru yang ada di Desa Malola dan Malola Satu Kecamatan Kumelembuai perlu diberi pelatihan pembuatan media seperti ini. Pelatihan pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada guru sekolah dasar di Desa Malola dalam pembuatan media pembelajaran audiovisual yang menarik dengan cara yang relatif mudah. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Metode Presentasi, Demonstrasi dan Praktek. Metode Presentasi digunakan untuk pengenalan software meliputi Microsoft Power Point Hyperlink. Metode Demonstrasi mengenai pengoperasionalisasian program dan Metode Praktek yaitu pembuatan media pembelajaran secara langsung oleh guru sesuai dengan tema atau mata pelajaran yang diampu oleh guru kelas atau guru mata pelajaran dengan pemanfaatan program-program tersebut. Hasil yang diharapkan dalam Diklat ini adalah: Pertama, Pelatihan memberikan beberapa materi yang terkait dengan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pemberian pengetahuan mengenai pemanfaatan Program Powerpoint Hyperlink untuk membuat audiovisual sebagai media pembelajaran berbasis TIK yang atraktif dan interaktif, Kedua, Materi yang disajikan dapat diterima, dicerna, dan dipahami peserta dengan baik, Ketiga, Kegiatan berlangsung lancar, tepat waktu dan sesuai dengan yang diharapkan.

Keywords


Media, audiovisual, Guru SD, Malola

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zainal, 2009, Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional, Yrama Widya, Bandung.

Dantes, Nyoman, 2006, Perspektif dan Kebijakan Pendidikan Menghadapi Tantangan Global,

Hamalik, Oemar, 2003, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bumi Aksara, Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Edisi XI. Tahun 2017. Direktorat Riset dan Pengabdian Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 236 times
PDF Download : 37 times

DOI: 10.36412/abdimas.v11i2.881

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v11i2.881.g800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.