IbM PADA IBU-IBU TIM PENGGERAK PKK KOTA MANADO MELALUI PELATIHAN PENGELOLAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER INFORMASI UNTUK KELUARGA DAN PELUANG WIRAUSAHA

Julyeta Paulina Amelia Runtuwene(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Telah dilakukan pengabdian pada masyarakat program Ipteks bagi masyarakat (IbM) dari Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Program Studi Pendidikan Teknik Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado dengan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Internet Sebagai Sumber Informasi Untuk Keluarga dan Peluang Wirausaha pada Ibu-Ibu Kader Tim penggerak PKK se-Kota Manado. Dampak pengiring dari program pelaksanaan ipteks bagi IbM bagi masyarakat ini adalah munculnya kesadaran bagi Ibu-Ibu Rumah tangga se-Kota Manado tentang bahaya internet yang tidak digunakan dengan baik. Selanjutnya dampak lain adalah munculnya kesadaran bahwa dengan internet, Ibu-Ibu dapat melakukan usaha promosi produk jualan ataupun produk hasil karya sendiri.
Pelaksanaan program IbM ini dilakukan secara bermitra dengan para Ketua TP PKK Kecamatan se-Kota Manado. Permasalahan yang dihadapi para Ibu lulusan program pelatihan Rumah Pintar adalah kurangnya informasi pemasaran produk. Metode pelaksanaan kegiatan dibagi dalam 3 tahap kegiatan; masing-masing tahap identifikasi permasalahan; dan tahap pelaksanaan kegiatan berupa seminar, pelatihan dan praktikum.
Hasil dari kegiatan yang dilakukan menunjukkan partisipasi aktif dari para Ibu dalam memahami materi yang diberikan. Pemanfaatan internet sebagai peluang usaha baru juga mendapat perhatian yang serius dari para Ibu. Dalam pelatihan ini telah dilakukan pembuatan dan perancangan “media sosial” yang menarik untuk promosi produk.



Keywords


internet, sumber informasi, peluang wirausaha

References


Fogel, J., Albert, S.M., Schnabel, F., Ditkoff, B.A.and Neugut, A.I. 2002. Internet use and social support in women with breast cancer. Health Psychology, Volume 21 No.4.p398-404.

Dreanthea, P and Moren-Cross, J.L. 2005. Social capital and social support on the web: the case of an internet mother site. Journal of Sosiology of Health and Illness. Volume 27, Issue 7. p920–943

Morahan-Martin, J. 2004. Women and the Internet: Promise and Perils. CyberPsychology & Behavior. Volume: 3 Issue 5.

Lee, S and Chae, Y. 2007. Children's Internet Use in a Family Context: Influence on Family Relationships and Parental Mediation. Cyber Psychology and Behavior. Volume: 10 Issue 5. p640-644.

Rodgers, S and Chen, Q. 2005. Internet Community Group Participation: Psychosocial Benefits for Women with Breast Cancer. Journal of Computer Mediated Communication. Volume 10, Issue 4


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 267 times
PDF Download : 29 times

DOI: 10.36412/abdimas.v11i2.880

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v11i2.880.g799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.