PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN TEKNIK PENULISAN ILMIAH PADA GURU SMP NEGERI 3 TONDANO KABUPATEN MINAHASA

Mercheane V M Pontoh

Abstract


Guru adalah ujung tombak pelaksana kegiatan pendidikan di sekolah. Keberhasilan dalam kegiatan pendidikan sangat ditentukan oleh keberhasilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran antara lain dapat dilakukan dengan melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas secara berkelanjutan oleh para guru di sekolah. Oleh sebab itu kepada para guru di SMP Negeri 3 Tondano dianggap penting untuk mendapatkan pelatihan tentang metodologi PTK dan teknik penulisan ilmiah sehingga setelah selesai melaksanakan PTK langsung dapat diikuti dengan pelaporannya. Kegiatan pelatihan tersebut telah dilaksanakan pada bulan April 2016. Hasil kegiatan pelatihan tersebut yaitu telah terjadi peningkatan pengetahuan tentang metodologi penelitian tindakan kelas dan keterampilan dalam penulisan laporan hasil penelitian. Peningkatan pengetahuan tersebut ikut meningkatkan kesadaran dan motivasi untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran dan mengevaluasi hasilnya melalui kegiatan reflektif yang menjadi salah satu komponen dalam PTK. Oleh sebab itu ke depan diharapkan kegiatan pelatihan sejenis dapat terus dilaksanakan.

Keywords


Pelatihan Metodologi PTK, Teknik Penulisan Ilmiah; Guru SMP Negeri 3 Tondano

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.