PKM KARANG TARUNA GUNA MENDUKUNG PENGEMBANGAN WISATA DI DESA KANONANG KABUPATEN MINAHASA PROVINSI SULAWESI UTARA

Mister Gidion Maru(1), Efrando Pabur(2), Jenerio Michal Mokalu(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda dalam tiga aspek penting yang akan mendukung peran mereka dalam memajukan pariwisata setempat. Pelatihan ini diupayakan dengan prioritas pada pemandu yang sudah ada agar dapat melayani para pengunjung dengan cara berkomunikasi yang lebih baik dan bermanfaat. Pelaksanaannya menggunakan pendekatan kompetensi komunikati (Communicative Competence Approach) meliputi empat aspek yaitu kompetensi gramatik, kompetensi wacana, kompetensi sosiolinguistik dan kompetensi strategis. Hasilnya adalah Masyarakat Mitra telah mengalami peningkatan keterampilan dan pemahaman dalam tiga aspek utama ini yakni peningkatan Kemampuan Komunikasi yang ditandai denganĀ  peningkatan yang nyata dalam kemampuan komunikasi mereka terutama lebih percaya diri dalam berbicara. Kedua, mitra telah memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang industri pariwisata, termasuk konsep promosi dan pemasaran pariwisata. Mereka telah mempelajari teknik promosi dan pemasaran yang efektif, serta memiliki pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi digital dalam industri pariwisata. Ketiga, mitra telah memiliki pemahaman tentang perencanaan bisnis, manajemen operasional, layanan pelanggan, pengelolaan keuangan, dan aspek pajak dalam usaha jasa wisata. Hal ini akan membantu mereka dalam merancang dan menjalankan usaha jasa wisata yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Keywords


PKM Karang Taruna, Pengembangan Wisata

References


Bujung, N. (2019). Komunikas Pribadi.

Data Kelembagaan Desa Kanonang Satu. (2019).

Indonesia, U. N. F. P. A. (2014). Indonesia on the threshold of population ageing. Jakarta, Indonesia: United Nations Population Fund Indonesia.

Lestari, G., Armawi, A., & Muhamad, M. (2016). Partisipasi pemuda dalam mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat untuk meningkatkan ketahanan sosial budaya wilayah (Studi di Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 22(2), 137-157.

Maru, M. G. (2016). Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata Pada Para Pelaku Usaha Wisata Religi Bukit Kasih Kanonang Kawangkoan, Minahasa, Sulawesi Utara. ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 9(02).

Naibaho, Y., dkk. (2016). Pemodelan kurva tinggi tegakan kelompok jenis dipterokarpa dan non dipterokarpa di Hutan Alam Kalimantan. Prosiding Seminar Nasional Silvikultur ke IV. Balikpapan

Pajriah, S. (2018). Peran Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Pariwisata Budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak:History and Education, 5(1). https://doi.org/doi:http://dx.doi.org/10.25157/ja.v5i1.1913.

Prabawati, N. P. D. (2019). Peran Pemuda dalam Kegiatan Pengembangan Pariwisata di Desa Tibubeneng, Kabupaten Badung, Bali. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 13(1), 73-84.

Sondakh. H, (2019). Komunikasi Pribadi.

Warburton, Nigel, (2006). The Basic os Essay Writing. New York. Routledge Taylor and Francis Group].


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 47 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.36412/abdimas.v15i3.3794

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/abdimas.v15i3.3794.g1751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.